Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Special Paling Enak dan Lezat Sederhana

Resep dan Cara Membuat Nasi GorengNasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia.

Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan nasional Indonesia. Dari sekian banyak hidangan dalam khazanah Masakan Indonesia, hanya sedikit yang dapat dianggap sebagai makanan nasional sejati. Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta.
Resep Nasi Goreng

Sejarah Asal Usul Mula Nasi Goreng

Pada masanya, tahun 4000 sebelum masehi, nasi goreng ini sudah ada dan dikenal terlebih dahulu oleh masyarakat Tionghoa. Mengingat kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak menyukai makanan dingin, maka nasi yang sudah dingin dan tidak dimakan lagi biasanya dihangatkan kembali dan dimasak bersamaan dengan bawang putih, bawang merah, kecap manis, serta bumbu - bumbu lainnya. Lalu kebiasaan ini pun menyebar ke daerah Asia Tenggara bersamaan dengan penyebaran perantauan masyarakat Tionghoa.
Berawal dari sini, masyarakat Indonesia mengenal dan membuat variasi rasa yang berbeda-beda. Tapi tetap mengacu pada unsur tetap seperti minyak goreng, kecap manis, bawang merah, dan bawang putih.

Pada tahun 2011 CNN Internasional menetapkan nasi goreng sebagai peringkat kedua dalam daftar "50 Makanan Terlezat Di Dunia" setelah rendang yang menduduki peringkat pertama. Waah, walaupun nasi goreng asalnya dari Tionghoa, namun nasi goreng sendiri sudah menjadi makanan nasional di Indonesia dan bumbunya menjadi ciri khass tertentu. bBeruntungkah kita sebagai masyarakat Indonesia? :-)
Nasi goreng baik di Indonesia maupun di negara-negara lain dapat memiliki variasi tersendiri tergantung dari daerah asal dan bumbu atau bahan yang digunakan. Variasi ini biasanya dipengaruhi oleh bahan makanan yang biasa digunakan masyarakat setempat dan pengaruh ramuan bumbu dari negara tetangga, ataupun pengaruh budaya etnik asing bawaan yg datang ke negara tersebut. Beberapa variasi nasi goreng yang terkenal diIndonesia antara lain adalah sebagai berikut:
  • Nasi goreng ikan asin: Menggunakan ikan asin, salah satu variasi yang terkenal di Indonesia.
  • Nasi goreng Jawa: Nasi goreng ini biasanya dibumbui dengan sambal ulek yang membuat rasanya pedas. Contoh nasi goreng Jawa adalah nasi goreng babat Semarang yang warnanya agak cokelat dengan lauk babat, nasi goreng Jawa Tengah yang warnanya merah muda dengan lauk sayuran kol dan suwiran ayam kampung, nasi goreng Surabaya yang warnanya merah kecokelatan dengan lauk irisan telur dadar dan suwiran ayam potong serta nasi goreng kampung dari Yogyakarta yang warnanya merah tua dengan lauk telur mata sapi dan ayam kampung.
  • Nasi goreng kambing: Menggunakan daging kambing yang memiliki aroma khas.
  • Nasi goreng pete: Menggunakan pete sebagai campuran, digemari kelompok pengguna pete karena aromanya.
  • Nasi goreng pattaya (asal Thailand): Nasi goreng ini dibungkus dengan telur dadar.
  • Nasi goreng putih: Nasi goreng ini menggunakan kecap asin sebagai bumbunya sehingga warnanya masih keputih-putihan.
  • Nasi goreng Fukien (atau Fujian): (bukan berasal dari Fujian) adalah nasi goreng yang berasal dari daerah Kanton, biasa disajikan dengan saus di atasnya.
  • Nasi goreng Singapura: Bukan berasal dari Singapura, ini adalah masakan dari daerah Kanton dengan bumbu kare kuning.
  • Nasi goreng Yangchow (atau Yangzhou): (biasa disebut juga nasi goreng spesial) - meskipun dinamakan "Yangzhou", nasi goreng ini sebenarnya bukan berasal dari daerah Yangzhou. Biasa disajikan dengan udang dan daging panggang. Nasi goreng spesial lainnya yang terkenal adalah nasi goreng dengan telur mata sapi.
  • Nasi goreng Yuanyang: Nasi goreng yang dihidangkan dengan dua macam saus. Saus yang pertama berwarna putih dan yang kedua berwarna merah. Terkadang saus itu disajikan dalam lambang Yin Yang atau simbol Taichi.
  • Nasi Goreng Arab Habbatussauda (bukan berasal dari Arab tetapi kreasi khas Indonesia yang banyak memakai rempah asli Arab sebagai bagian bumbu utama). Umumnya menggunakan daging kambing dan memakai banyak jintan serta herbal/tanaman berkhasiat yang baik untuk kesehatan.
  • Nasi Goreng Jepang Ashita (bukan berasal dari Jepang tetapi kreasi khas Indonesia). Dinamakan nasi goreng Jepang sebab memakai Ashitaba yang berasal dari Jepang. Ashitaba adalah jenis sayuran herbal kesehatan yang sangat popular di negara Jepang. Pemakaian bahan ini menyebabkan nasi goreng terlihat unik berwarna hijau daun. Campuran tambahan biasanya daging asap, acar nanas, emping belinjo dan telur dadar.
  • Banyaknya variasi jenis Nasi Goreng yang dapat ditemukan di Indonesia merupakan ekspresi kreativitas masyarakat Indonesia dalam meracik kreasi jenis kuliner dengan aneka citrarasa, baik dari pengaruh bahan dasar lokal maupun pengaruh citarasa masakan internasional.

Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Special Paling Enak dan Lezat Sederhana

 Cara Membuat Nasi Goreng
Bahan-bahan
  • 2 piring Nasi putih
  • 2 siung Bawang putih
  • 3 siung Bawang merah
  • 2 buah Cabe rawit, potong kecil
  • Saos tomat secukupnya
  • 1 butir Telur ayam
  • Daun bawang secukupnya
  • 2 sdm Minyak goreng
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
Bahan Pelengkap
  • Udang secukupnya
  • Ayam secukupnya
  • Bakso secukupnya
Cara memasak Nasi Goreng 
  1. Siapkan wajan, nyalakan api dan panaskan minyak goreng. Lalu masukkan telur dan goreng sambil diaduk hingga hancur dan matang.
  2. Tambahkan cabe, bawang putih dan bawang merah halus ke dalam masakan telur di atas, aduk merata dan masak sampai tercium aroma harum.
  3. Kemudian tambahkan kembali masakan dengan bahan pelengkap udang dan suwiran daging ayam, irisan bakso, aduk-aduk merata dan masak sampai matang.
  4. Berikutnya, tuang minyak wijen ke dalam masakan untuk rasa yang lebih gurih dan sedap. Lalu tuang nasu putih ke dalam masaka, aduk-aduk sampai tercampur dengan bumbu dan meresap.
  5. Setelah itu, lengkapi masakan dengan garam, merica dan saus tomat. Aduk merata hingga matang. Angkat dan sajikan di atas piring.

Resep Nasi Goreng Jawa Spesial Enak dan Mantap

Resep Nasi Goreng Jawa

Bahan bahan Resep Nasi Goreng Jawa Spesial Enak dan Mantap

  1. Seperti namanya, resep masakan nasi ini membutuhkan nasi putih yang bagus kurang lebih sebanyak 500 gram saja. Dinginkan dahulu sebelum dimasak dengan bahan lain dan sebaiknya jangan menggunakan nasi yang lembek. Lebih bagus gunakan nasi yang sedikit pera supaya hasilnya maksimal.
  2. Daging ayam kurang lebih 1-2 potong. Rebus dahulu daging sampai matang lalu goreng sampai matang dan iris iris daging ayam kecil kecil.
  3. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja.
  4. Sayuran kol yang masih segar kurang lebih sebanyak 3 lembaran besar. Cuci bersih lalu iris kecil kecil.
  5. Daun bawang yang masih segar kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih lalu potong iris kecil kecil.
  6. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 2-3 butir.
  7. Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 3/4 sendok makan saja.
  8. Kecap manis kualitas bagus secukupnya atau kurang lebih sebanyak satu sendok makan saja.
  9. Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 2 butir saja untuk bumbu tumis.
  10. Ebi yang sudah disangrai supaya resep nasi gorengnya lebih sedap kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
  11. Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 butir. Kupas kulitnya lalu potong kecil suapay mudah saat mau dihaluskan.
  12. Buah cabai merah besar segar kurang lebih sebanyak 1 pcs saja. Cuci bersih lalu iris iris supaya mudah saat dihaluskan dengan bumbu lain.
  13. Buah cabai merah keriting sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-4 pcs. Cuci bersih lalu iris iris untuk dihaluskan.
  14. Merica bubuk atau halus kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja. Bisa dikurangi kalau tidak suka pedas.
  15. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs saja. Kupas kulitnya lalu potong kecil kecil suapya mudah saat dihaluskan nanti.
  16. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu nasi gorengnya.
  17. Irisan bawang merah goreng untuk taburan diatas nasi goreng jawanya secukupnya.
  18. Beberapa potong buat mentimun segar yang sudah di potong potong untuk bahan pelengkap.
  19. Acar secukupnya untuk bahan pelengkap.
  20. Beberapa irisan buah tomat merah segar untuk hiasan supaya tampilannya lebih menarik dan segar.

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa dengan Bumbu Spesial

  1. Langkah pertama adalah menghaluskan cabai merah, cabai keriting, kemiri, ebi sangrai, bawang putih, merica dan bawang merah sampai benar benar halus.
  2. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak secukupnya lalu masukkan bumbu bumbu yang sudah dihaluskan diatas sambil sesekali diaduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisannya.
  3. Setelah matang sisihkan bumbu tumisannya ke bagian pinggir wajan terus masukkan sedikit minyak goreng.
  4. Masukkan 2 butir telur ayamnya dan aduk aduk di dalam wajan sampai telurnya matang.
  5. Masukkan nasi putih dingin, garam dapur beryodium dan gula pasirnya lalu aduk aduk bersama dengan bumbu tumis dan telurnya sampai semua bahan benar benar tercampur rata.
  6. Tambahkan kecap manis lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan nasi.
  7. Masukkan daging ayamnya, potongan kol dan daun bawangnya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  8. Cicipi terlebih dahulu dan kalau perlu tambahkan garam dan kecpa manisnya lalu masak sambil diaduk aduk sampai matang.
  9. Setelah matang masukkan ke dalam piring sajian dan tambahkan irisan tomat, mentimun, acar dan taburkan bawang merah gorengnya lalu siap disajikan untuk semua anggota keluarga.

Resep Nasi Goreng Gila Bumbu Sederhana

Resep Nasi Goreng Gila
Bahan untuk membuat nasi goreng gila:
  • 3 piring nasi putih pera
  • 2 butir telur
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan kecap asin
Bahan lain resep nasi goreng gila:
  • 5 butir bakso sapi, iris sesuai selera
  • 1 dada ayam suwir-suwir
  • 1 hati ampela, potong-potong
  • 3 lembar kol, iris-iris
  • 1 sendok teh kecap ikan
  • ¼ sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 1 batang daun bawang, potong-potong
  • 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Bumbu yang dihaluskan
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
Cara membuat resep nasi goreng gila:
  1. Panaskan 3 sendok makan minyak dalam wajan, kemudian tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum.
  2. Tambahkan dengan bahan yang ditumis seperti bakso yang telah diiris-iris, ayam yang telah disuwir-suwir, daun bawang yang telah diiris-iris dan daun kol. Masak hingga semua bahan layu.
  3. Lalu sisihkan semua bahan yang ditumis ini pada pinggir wajan dan masukkan telur. Aduk hingga telur menggumpal-gumpal kecil, lalu campurkan kembali dengan semua bumbu dan bahan yang ditumis.
  4. Masukkan nasi putih pada wajan dan aduk hingga rata. Masukkan kecap manis, kecap asin dan juga kecap ikan. Jangan lupa tambahkan merica dan garam jika kurang asin. Aduk hingga tercampur sempurna.
  5. Setelah itu, masukkan kaldu bubuk sesuai dengan selera, aduk hingga rata dan angkat nasi goreng.
  6. Sajikan nasi goreng gila selagi panas bersama bahan pelengkap, untuk 3 porsi.
  7. Selesai.

 Resep Nasi Goreng Hongkong Spesial

 Resep Nasi Goreng Hongkong
Bumbu-Bumbu Nasi Goreng Hongkong :
  • 3 siung bawang putih dicincang
  • 2 buah cabai merah diiris
  • 100 gram daging ayam dipotong kotak 1 cm
  • 150 gram udang kupas
  • 6 buah bakso ikan dipotong 2 bagian
  • 2 batang daun bawang diiris
  • 2 butir telur ditambah 1/4 sendok teh garam, dikocok lepas
  • 450 gram nasi dingin
  • 1 sendok teh kecap ikan
  • 1 sendok teh kecap inggris lokal
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan angciu
Cara Memasak Nasi Goreng Hongkong
  • Pertama-tama, anda siapkan penggorengan dan masukan minyak tunggu hingga minyak tersebut panas. Lalu anda tumis bawang putih dan juga cabai merah sampai menghasilkan bau yang harum, kemudian anda tambahkan daging ayam dan udang. Aduk hingga semuanya matang.
  • Kemudian anda masukan daun bawang, dan masak hingga daun bawang tersebut layu. Lalu anda masukan orak-arik telur dan juga bakso ikan, dan anda aduk semuanya hingga tercampur rata.
  • Setelah itu anda masukan nasi, dan anda aduk kembali hingga semuanya tercampur rata. Kemudian anda tambahkan kecap ikan, kecap inggris, merica bubuk, dan juga garam, aduk hingga semua bumbu meresap kedalam nasi.
  • Dan nasi goreng hongkong pun siap disantap selagi hangat.

Resep Nasi Goreng Oriental Specil Enak dan Lezat

Resep Nasi Goreng Oriental

Bahan utama:
- Membuat nasi goreng oriental yang autentik dan berkarakter membutuhkan beberapa bahan utama, diantaranya adalah 800 gram nasi putih
- Siapkan i50 gram udang yang telah dikupas
- Siapkan 100 gram fillet ayam yang telah direbus dan dipotong kecil berbentuk dadu
- Siapkan dua buah cabai merah yang telah dibuang semua bijinya dan diiris kecil berbentuk dadu
- Siapkan 5 buah atau lebih bakso ikan atau bakso sapi yang telah dipotong kecil-kecil
- Siapkan satu buah wortel yang telah direbus dan dipotong kecil-kecil
- Siapkan 50 gram kacang polong beku
Bumbu-bumbu:
- Keunggulan utama dari resep nasi goreng oriental adalah terletak pada bumbu-bumbunya, untuk membuat nasi goreng oriental, Anda harus menyediakan lima siung bawang putih yang telah dicincang kasar
- Siapkan dua sendok makan margarin
- Siapkan dua sendok makan saus tiram
- Siapkan satu sendok makan kecap asin
- Siapkan seperempat sendok tah merica bubuk dan juga siapkan satu sendok makan minyak wijen

Cara Membuat Nasi Goreng Oriental

1. Langkah pertama untuk membuat nasi goreng oriental adalah dengan memanaskan margarin di dalam pan dan setelah margarin panas, tumis bawang putih hingga aroma sedapnya keluar, masukkan bakso dan udang, tumis keduanya hingga berubah warna baru kemudian masukkan saus tiram, kecap asin, merica bubuk, kacang polong, cabai merah, ayam dan juga wortel sambil diaduk hingga semuanya tercampur merata
2. Setelah itu masukkan semua nasi kedalam pan lalu tambahkan kecap manis dan masak sampai semua bumbunya meresap kedalam nasi, baru kemudian tambahkan minyak wijen dan masak kembali nasi goreng selama dua menit baru kemudian angkat nasi goreng oriental
3. Tata nasi goreng oriental pada piring saji dan hidangkan untuk dinikmati bersama anggota keluarga
Nasi goreng oriental tidak membutuhkan banyak bahan pelengkap, karena dari semua bahan utama yang tersedia untuk membuat nasi goreng oriental hampir semuanya menggunakan bahan makanan yang biasanya dibutuhkan sebagai lauk pauk, seperti fillet ayam, udang kupas dan bakso sapi atau bakso ikan.Resep nasi goreng oriental yang telah Anda pelajari bisa Anda praktekkan segera atau kapan saja disaat Anda memiliki waktu senggang untuk melakukannya.
Nasi goreng oriental yang dibuat dengan berbagai rempah alami tentunya baik untuk kesehatan dan pemakaian semua bahannya pun juga bergizi untuk menjaga kesehatan tubuh. Nasi goreng ini tentunya jauh lebih sehat karena tidak memakai minyak goreng dalam proses pengolahannya, melainkan memakai minyak wijen dan juga margarin yang tentu saja jauh lebih baik dibandingkan dengan minyak goreng.
- Siapkan dua sendok makan margarin
- Siapkan dua sendok makan saus tiram
- Siapkan satu sendok makan kecap asin
- Siapkan seperempat sendok tah merica bubuk dan juga siapkan satu sendok makan minyak wijen

Resep Nasi Goreng Seafood Enak dan Spesial


Resep Nasi Goreng Seafood

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Nasi Goreng Seafood Enak dan Spesial

  • 2 piring nasi putih
  • 1 buah cumi segar (potong melingkar)
  • 100 gram udang (kupas kulitnya)
  • 2 siung bawang putih (cincang halus)
  • 1/2 buah bawang bombay (cincang halus)
  • 1 batang daun bawang (iris halus)
  • 1 sdt garam 
  • 1 sdt jahe (parut)
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt kecap manis 
  • 1 sdm kecap asin 
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 sdm minyak wijen

Cara membuat Nasi Goreng Seafood Mudah dan Simple


  1. Panaskan minyak goreng dan campurkan dengan minyak wijen. Lalu tumis bawang putih, bawang bombay dan daun bawang hingga harum.
  2. Masukkan udang, cumi, dan jahe parut. Aduk rata hingga matang. Tambahkan nasi putih, garam, dan merica. Aduk rata Resep Nasi Goreng Seafood Udang dan Cumi Mudah
  3. Tambahkan kecap manis, kecap asin, saus sambal dan saus tomat. Aduk rata hingga berubah warna.
  4. Angkat dan sajikan hangat.
Untuk 2 Porsi 

Demikianlah Menu Resep Nasi Goreng Yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bisa juga sebagai referensi bagi sahabat ketika mau membuat Nasi goreng.

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1876933177057504259#editor/target=post;postID=5371994158039169114
close

DMC