Aneka Resep Puding Praktis dan Sederhana Paling Enak

Aneka Resep Puding - Puding adalah nama untuk berbagai hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Istilah puding juga dipakai untuk berbagai jenis pai berisi lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang.

Puding dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Puding seperti ini rasanya manis dengan perisa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Puding agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersama susu, tepung maizena, atau telur kocok. Puding agar-agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut vla. Tepung puding instan memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air panas.
Resep Puding

Di Indonesia terdapat berbagai jenis pudding rasa tradisional yang memakai kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan. Buah- buahan yang dipakai untuk pudding misalnya: jeruk, nanas, sirsak, mangga, atau markisa. Di Indonesia sering disebut dengan istilah Podeng. Perbedaan antara pudding dengan podeng yaitu apabila pudding disajikan dingin karena proses pembekuannya harus melalui almari pendingin sedangkan podeng proses pembekuannya melalui pemanasan. Agar lebih jelas lagi pudding dikategorikan menjadi 4, yaitu: 

1. Pudding agar- agar Pudding agar- agar terbuat dari agar- agar dan disajikan dingin karena harus dibekukan terlebih dahulu dalam almari es. Pudding agar- agar dibuat dengan mencampur agar- agar bersama susu, tepung maizena, atau telur kocok. Pudding agar- agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut vla. Kuncinya agar dalam pembuatan pudding ini tidak mengalami kegagalan agar- agar harus direbus hingga mendidih betul. Jika menginginkan hasil pudding jernih perebusan dilakukan secara perlahan menggunakan api rendah hingga mendidih pelan. Variasi pudding agar - agar diperoleh dari penambahan bahan- bahan seperti susu, telur, pewarna, pengaroma, dan buah- buahan. Teknik pencetakkan pudding sangat menentukan hasil jadi pudding. Teknik pencetakan yang sering digunakan adalah lapis (pudding pelangi), mozaik (pudding mozaik) dan pudding warna- warni dalam pudding jernih (pudding kaca).
Hal yang perlu diperhatikan pada saat pencetakan pudding adalah timing (waktu), artinya waktu yang tepat untuk menuangkan pudding pada cetakan. Apalagi jenis pudding lapis, waktu untuk melapis harus diperhatikan kapan harus menuang pudding diatas lapisan yang agak beku. Pudding yang ditambah dengan putih telur yang dikocok hingga kaku akan menghasilkan pudding dengan tekstur yang lembut seperti busa yang dalam istilah asingnya disebut “Bavarois”. 
Kesulitan yang sering membuat membuat bavarois dikatakan gagal adalah adanya lapisan busa dan pudding jika telah membeku. Lapisan tersebut dapat saja terjadi jika pada saat pengadukan tidak homogen atau pada saat memasukkan adonan agar- agar dalam putih telur kocok sudah dalam suhu dingin. Variasi yang diperoleh dapat ditambahkan caramel, juice buah,atau essence. Contoh: Pineapple Bavarois, Bavarois Hopyes, Orange Bavarois.Penambahan kuning telur dalam pudding menghasilkan pudding yang mempunyai tekstur lembut dan penuh gizi. 
Teknik mencampur kuning telur sama dengan teknik yang digunakan pada proses pembuatan Vanilla Sauce. Contoh: Black Forest Pudding. Pudding dapat divariasi dengan menggunakan buah. Buah yang digunakan dapat berupa buah segar (dapat diblanch terlebih dahulu), buah siap saji, juice buah atau puree buah.

 2.Starch Thickened Starch Thickened dapat disebut dengan istilah Boilled Puddings, karena Starch Thickened menggunakan bahan pati jagung yang membutuhkan proses perebusan agar dapat mematangkan pati dan membuat pati menjadi kental. Bahan- bahan dalam pembuatan Starch Thickened adalah susu, gula, essence dan bahan pengental. Cara penyajiannya dapat dicetak dalam cetakan besar atau cetakan single portion. Contoh: Cornstarch Pudding, Blanch Mange. 

3. Baked Pudding Baked Pudding yang menggunakan teknik olah bake (panggang) atau lebih tepatnya adalah au bain marie dengan bantuan oven. Teknik au bain marie dalam pembuatan pudding ini sangat penting karena akan membentuk tekstur yang lembut, lembab dan halus, jika hanya dipanggang saja akan membuat pudding menjadi kering dan berkerak. Contoh: Bread Pudding, Crème Caramel. 4. Steamed Pudding Pudding ini menggunakan teknik kukus. Tekstur pudding ini sangat berat dan penuh dengan Filling (isi) dan disajikan hangat, oleh karena itu bagi bangsa Eropa pudding ini hanya dibuat dan dihidangkan pada musim dingin saja.
Resep Puding

Trifle adalah nama untuk puding yang tidak dimasak, dibuatdari kue chiffon yang disusun berlapis-lapis dengan selai sebagai perekat dan ditutup dengan krim kocok.Puding yang dipanggang atau dikukus sering terlihat mirip kue bolu tapi lebih lembab dan mudah hancur. Puding yang dipanggang atau dikukus menghasilkan potongan yang rapi seperti halnya potongan kue bolu. Sewaktu hendak dihidangkan, puding jenis ini dipotong dengan spatula atau sendok besar

Asal usul

Puding berasal dari bahasa Perancis, boudin yang berarti "sosis darah", dari bahasa Latin, botellus yang berarti "sosis kecil". Istilah pudding digunakan Eropa abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus.

Aneka Resep Puding Praktis dan Sederhana Paling Enak

RESEP PUDING ZEBRA

RESEP PUDING ZEBRA

Bahan:
- Telur ayam 6 butir
- Gula pasir 300 gram 
- Vanila 1/4 sendok teh
- Tepung terigu 80 gram 
- Margarin 50 gram dilelehkan 
- Air 300 ml  
- Susu kental manis 250 ml  
- Agar-agar warna putih 2 bungkus 
- Cokelat bubuk 50 gram, dilarutkan dengan sedikit air panas
Cara Membuatnya:
  1. Basahi loyang dengan air, loyangnya berukuran bulat berdiameter 18 cm.
  2. Susu kental manis, air, agar-agar, dicampur dan aduk rata, kemudian masak di atas api kecil sampai mendidih. Sisihkan. 
  3. Telur dikocok bersama gula, vanila hingga mengembang dan kental, lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan margarin cair, aduk rata. 
  4. Agar-agar yang telah dimasak dituangkan ke dalam adonan telur, kocok perlahan hingga tercampur rata. Adonan dibagi menjadi 2 bagian, sebagian campur dengan cokelat, aduk rata, yang sebagian lagi biarkan berwarna kuning.
  5. Tuangkan 100 ml adonan kuning pada bagian tengah loyang, tuangkan kembali 50 ml adonan cokelat di atas adonan kuning. Lakukan terus secara bergantian hingga kedua adonan habis. Dinginkan hingga puding beku. Dan siap untuk disajikan.

RESEP PUDING SUSU COKLAT

RESEP PUDING SUSU COKLAT
Bahan:
- Agar-agar bubuk cokelat, 2 bungkus
- Gula pasir, 100 gram
- Susu cair cokelat, 600 ml
- Cokelat masak pekat, 100 gram, lelehkan
- Pasta cokelat, 1 sendok teh
- Garam, secukupnya
Untuk Saus:
- Susu cair, 250 ml
- Tepung maizena, 1 sendok teh
- Gula pasir, 50 gram
- Garam, secukupnya
- Vanili bubuk, 1/4 sendok teh
- Kuning telur, 1 butir, kocok
Cara Membuatnya:
  1. Campur agar-agar, gula pasir, susu cair, dan garam. Aduk rata dan rebus di atas api sedang hingga mendidih sambil diaduk agar tidak pecah.
  2. Masukkan cokelat masak pekat, masak hingga cokelat larut. Angkat, tambahkan pasta cokelat, aduk rata.
  3. Tuang rebusan agar-agar ke dalam cetakan yang telah dibasahi air. Bekukan.
  4. Saus : Rebus susu, tepung maizena, gula pasir, garam dan vanili hingga mendidih. Ambil 1 sendok sayur rebusan susu, tuang dalam kuning telur. Aduk rata.
  5. Tuang kembali campuran kuning telur ke dalam rebusan susu. Rebus hingga mendidih dan kental sambil diaduk. Angkat dan dinginkan.
  6. Keluarkan puding dari cetakan, sajikan puding dengan saus vanila.

 RESEP PUDING BUAH

 RESEP PUDING BUAH
Bahan A:
- Agar-agar merah 1 bks
- Buah Leci 1 kalenng, ditiriskan dan air lecinya untuk campuran puding nanti.
- Air 200 ml
- Gula pasir 150 gr
- Vanila bubuk 1 sendok teh
Bahan B:
- Agar-agar warna putih 2 bungkus 
- Susu cair 600 ml 
- Gula pasir 150 gr
- Selai stroberi 2 sdm 
- Apel Malang 100 gr
- Pepaya 100 gr
- Pisang Ambon 1 buah 
- Air jeruk nipis 1 sdm
Cara Membuatnya:
  1. Loyang disiapkan untuk puding yang bentuk cincin berukuran 2 liter, lalu dibasahi dengan air.
  2. Bahan A: agar-agar dicampur dengan air buah leci, air, gula pasir, dan vanila bubuk, kemudian aduk rata sampai mendidih dan angkat.
  3. Buah leci disusun diatas loyang lalu adonan agar-agar tadi dituangkan diatasnya secara perlahan-lahan dan diamkan hingga mengeras.
  4. Bahan B: buah apel, pepaya dan pisang ambon dihaluskan sambil ditambahkan jeruk nipis, aduk rata. Campur agar-agar putih dengan susu cair dan selai stroberi, aduk rata, masak hingga mendidih, tambahkan jus buah, aduk rata, angkat dan tuangkan ke dalam loyang, hilangkan uap panasnya dan simpan dalam lemari pendingin.
  5. Dan siap untuk disajikan dalam keadaan dingin.

RESEP PUDING WHITE CHOCOLATE

RESEP PUDING WHITE CHOCOLATE

Bahan cake:
6 kuning telur
3 putih telur
80 g gula pasir
50 g tepung terigu
25 g coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
75 g margarin, lelehkan
Bahan sirup (aduk rata):
1 sdm gula pasir
1 sdm air hangat
2 sdm rhum

Bahan I:
250 ml susu cair
15 g coklat bubuk
2 sdt agar-agar bubuk
60 g gula pasir
2 putih telur
1/8 sdt garam

Bahan II:
300 ml air
1/2 sdt agar-agar bubuk
1/8 sdt jeli instan bubuk
50 g gula pasir
15 g coklat bubuk
100 g coklat masak, potong-potong

Cara membuat:

1. Cake:  Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata. Masukkan margarin cair, aduk perlahan. Tuang ke dalam loyang bulat 24 cm yang telah dioles margarin dan dialas kertas roti. Oven dengan suhu 190 derajat Celcius selama 20 menit hingga matang. Angkat cake, buang bagian kulitnya. Masukkan kembali ke dalam loyang bulat 22 cm yang dialas plastik. Siram dengan bahan sirup. Sisihkan.

2. Bahan I: Campur agar-agar bubuk, 30 gram gula pasir, coklat bubuk, dan susu cair. Masak dengan api kecil hingga mendidih. Angkat, biarkan hangat. Kocok putih telur dan garam hingga setengah mengembang. Tambahkan sisa gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga mengembang. Tuang rebusan puding sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah. Tuang ke atas cake. Biarkan beku.

3. Bahan II: Campurlah agar-agar bubuk, jeli instan bubuk, gula pasir, coklat bubuk, dan air. Masak dengan api yang kecil sehingga mendidih. Tambahkan potongan coklat masak. lalu aduk hingga larut. kemudia tuang perlahan ke atas bahan I. lalu dinginkan.

4. Keluarkan dari loyang, potong sesuai selera, sajikan.

RESEP PUDING JAGUNG

RESEP PUDING JAGUNG

Bahan:
Jagung manis 200 gram, lalu diblender hingga lembut (gunakan air/susu/santan sampai 400 ml)
Agar-agar bening 1 sachet sebanyak 7 gr
Air/susu low fat/santan 300 ml
Vanila essense 1 sdm 
Gula pasir 7 sdm

Cara Membuat :
  1. Siapkan cetakan lalu dibasahi dengan agar pudingnya mudah keluar.
  2. Hasil blenderan jagung dicampur dengan air/susu/santan. Panaskan diatas api sedang.
  3. Agar-agar dicairkan dengan sedikit air, lalu masukkan.
  4. Sisa bahan yg lain dimasukkan yaitu gula pasir, vanilla essense, lalu aduk rata.
  5. Biarkan hingga mendidih, sambil diaduk sesekali.
  6. Tuangkan ke cetakan, lalu biarkan dingin atau kalau bisa masukkan ke freezer kalau ingin cepat.
  7. Setelah dingin dan udah mulai mengeras, siap untuk dipotong-potong dan disajikan.

RESEP PUDING TIRAMISU

RESEP PUDING TIRAMISU

Bahan:
- 50 g gula pasir
- 1 butir telur ayam
- 1 sdm mentega, lelehkan
- 200 ml susu segar
- 100 ml krim segar
- ½ sdt vanili bubuk
- ½ sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
- 2 lembar roti tawar tanpa kulit, potong-potong
- 1 sdm kismis

Topping:
- 1 sdt gula bubuk
- 2 buah strawberry, belah-belah

Cara Membuatnya:
  1. Kocok gula dan telur hingga gula larut.
  2. Tambahkan mentega, susu, krim dan vanili.
  3. Masukkan larutan maizena. Aduk rata.
  4. Susun potongan roti tawar dan kismis dalam 2 mangkuk tahan panas.
  5. Tuangi larutan susu.
  6. Panggang dalam oven panas 180 C selama 30 menit.
  7. Angkat. Sajikan dengan Toppingnya.
Untuk 2 buah

PUDING COKLAT LAPIS BISKUIT

PUDING COKLAT LAPIS BISKUIT

Bahan:
- 1 bungkus agar - agar coklat
- 1 bungkus nutrijell coklat
- 1  bungkus biskuit keju bentuk lembaran persegi panjang
   lebar (Nissin Crispy)
- 8 sdm gula pasir atau sesuai selera
- 5 sdm susu bubuk coklat
- 7 gelas belimbing air

Cara Membuatnya:
1. Campurkan bubuk agar - agar nutrijell, Gula pasir dan susu coklat dalam panci, aduk rata
2. Tambahkan air, panaskan sampai mendidih sambil di aduk terus
3. Siapkan loyang, tuang selapis (2mm) adonan, tata biskuit keju mendatar menutupi
    permukaan
4. Tuang lagi selapis adonan dengan sendok (jangan sampai biskuit dibawahnya bergeser)
    tata biskuit, begitu seterusnya sampai beberapa lapis.
5. Diamkan sampai mengeras, potong - potong dan sajikan

RESEP PUDING KENTANG GULUNG

RESEP PUDING KENTANG GULUNG

Bahan Vla Kentang:
- 50 gram kentang kukus, haluskan
- 200 cc santan sedang
- 100 gram tepung maizena
- 100 gram gula pasir
- 1 kuning telur
- garam secukupnya
Dadar Cokelat:
- 40 gram tepung terigu
- 10 gram cokelat bubuk
- 100 cc air
- 1 butir telur
Puding Busa:
- 400 cc santan sedang
- 150 gram gula pasir
- 1 bungkus agar-agar
- Garam secukupnya
- Pewarna Hijau
- 3 putih telur, kocok kaku
- Cetakan setengah lingkaran
Cara Membuatnya:
  1. Buat vla kentang: campur kentang bersama santan, maizena, gula, garam, dan kuning telur. Aduk dan masak sampai kental, kemudian dinginkan.
  2. Buat dadar: campur tepung terigu bersama cokelat bubuk, air, dan telur. Aduk rata. buat dadar tipis-tipis menjadi 6 lembar. Olesi dadar dengan vla kentang, lalu gulung sambil dipadatkan.
  3. Buat puding: campur santan bersama gula, agar-agar, garam, dan pewarna hijau. Aduk rata dan masak sampai mendidih.
  4. Tuang adonan puding ke kocokan putih telur sambil terus dikocok hingga rata.
  5. Tuang adonan sampai memenuhi setengah bagian cetakan.
  6. Taruh dadar gulung di tengahnya, lalu tuang kembali adonan puding sampai menutupi dadar. Biarkan sampai membeku. Lalu siap untuk disajikan untuk 30 potong.

RESEP PUDING COKELAT MANIS

RESEP PUDING COKELAT MANIS

Bahan:

- Agar-agar putih 1 bungkus
- Susu cair 400 ml
- Dark cooking chocolate 50 gr, dipotong-potong
- Gula pasir 2 sendok makan
- Kuning telur 1 butir, kocok
- Putih telur 3 butir
Untuk Pelengkap:
- Saus Vanili/Cokelat
- Cokelat serut

Cara membuat:
  1. Agar-agar dimasak bersama susu, cokelat, gula pasir diatas api sedang hingga panas.
  2. Lalu ambil sedikit adonan, kemudian campur dengan kuning telur, tuang kembali ke dalam adonan panas. Masak sampai mendidih. Angkat.
  3. Putih telur dikocok sampai mengembang dan naik. Kemudian tuangkan adonan agar-agar panas secara bertahap sambil aduk terus hingga tercampur rata.
  4. Simpan atau tuangkan ke dalam cetakan. Biarkan hingga membeku, supaya cepat simpan dalam lemari es hingga dingin.
  5. Dan puding siap disajikan dengan pelengkapnya.
Demikianlah informasi mengenai Aneka Resep Puding yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi sahabat semua yang sedang mencari resep puding.

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1876933177057504259#editor/target=post;postID=5371994158039169114
close

DMC