Aneka Resep Kue Kering Yang Praktis dan Sederhana Terpopuler

Aneka Resep Kue KeringKue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara harafiah kue ini seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari tepung. 

Lebih detailnya, kue kering adalah makanan ringan bertekstur keras tapi renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven.
Kue kering memiliki daya tahan yang cukup lama, bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering diantaranya tepung terigu, tepung beras, tepung ketan ataupun sagu.

Namun di zaman sekarang ini, kue kering lebih sering di kenal sebagai "Cookie/Cookies". Nah, dari mana asal usulnya istilah ini?..
Cookies ini berasal dari bahasa Belanda loh, yaitu Koekje (Kue Kecil) atau Kookie yang bisa juga berarti Cake kecil. Lho kok? apa hubungannya sama cake?..
Ada loh, bahan dan cara pembuatan cookies sama dengan cake, plus cookies dan cake sama-sama membutuhkan Oven sebagai finishing (kecuali beberapa variasi cake yang membutuhkan cara KUKUS ^_^).


Untuk versi alkisah dari kenapa jadi "cookies" ada banyak versi yang tersebar di mbah google dan sumber lainnya, jadi tergantung kita mau percaya yang mana (waduh?), hehe nggak seserius itu kok.
History yang terpapar di dunia maya tentang asal-usul terciptanya cookies ini ada banyak pandangan girls, tapi tetap asyik tuk di simak and menambah pengetahuan aja, kalo gak percaya buktiin aja dech disearch :D .. 


Kue kering/cookies di Indonesia lebih identik dengan perayaan, seperti Lebaran, Natal, Tahun baru, bahkan imlek, kue kering sering dijadikan sebagai suguhan untuk tamu maupun sebagai pelengkap parcel.
Tapi di sisi lain, berbisnis kuliner kue kering juga sangat menguntungkan di hari-hari biasa, bisa di jadikan sebagai cemilan dikala bersantai bersama keluarga atau teman-teman dan pastinya bisa di jadikan oleh-oleh.

Kita yang suka dan sering membuat kue pasti tahu dong tiap jenis kue pasti berbeda-beda tekstur nya.

Ada kue kering yang texturenya lebih lembut seperti cake (tidak terlalu renyah), ini biasanya untuk kue yang ada intinya seperti Kue Nastar, dll. 
Lalu ada kue yang sangat renyah sampai langsung 'nyes' di mulut, contohnya Kue putri salju/ kue makmur, kue bangkit, dll. 
Selanjutnya adalah yang paling identik dengan "Kue Kering" yaitu kue yang texturenya keras/padat tapi renyah nyah nyah. Contohnya Kue Cokelat, Kue Brownis kering, Kue Kacang, dll. 

Oh iya, ada juga kue yang digoreng, juga bisa dikategorikan ke jenis kue kering nih untuk zaman modern ini ^_^ 
Resep Kue Kering

Bahan Bahan Resep Kue Kering

1. Tepung

Tepung yang paling umum di gunakan dalam membuat kue kering/cookies adalah tepung terigu/gandum, dan tepung terigu yang paling bagus adalah tepung terigu yang berprotein rendah. Tepung ini dapat di beli dengan mudah di setiap supermarket besar atau kecil, biasanya di jual /pack (1 kg atau 1/2 kg). 
Selalu pastikan tepung dalam keadaan kering dan suhunya sama dengan suhu ruangan, kalau tepung baru di keluarkan dari kulkas, lebih baik di jemur atau di sangrai sebentar sebelum digunakan untuk membuat adonan. 
Selain tepung terigu, ada juga yang menggunakan tepung sagu atau tepung kanji, di pasaran lebih dikenal dengan tepung maizena. Nah untuk kue yang renyah kita perlu mencampurkan tepung terigu dan tepung kanji ini dengan perbandingan pas. Jadi kalau kita menggunakan 250 tepung, maka kita bagi dua 150 gr terigu dan 100 gr maizena, atau 180 gr terigu dan 70 gr maizena. (Begitulah kira-kira :D) 
Ada beberapa resep kue kering yang mengharuskan kita menggunakan 100% tepung sagu loh. Tepung sagu/kanji ini punya tingkat kelembaban yang cukup tinggi, karena itu sebelum di gunakan untuk adonan, ada baiknya kita sangrai (di panaskan dengan kuali tanpa minyak) dahulu tepung sagunya sampai hangat dan jangan sampai hangus. 

2. Margarin & Mentega 
Mentega dan Margarin adalah salah satu hal penting dalam membuat kue kering sebagai penentuan hasil rasa dan bentuk dari kue yang kita buat. 
Margarin adalah lemak nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan, mudah di jumpai dan harganya sangat terjangkau, namun hasil aroma dan rasanya akan berbeda jika menggunakan mentega. 
Mentega atau biasa di sebut butter adalah lemak hewani yang menghasilkan kue yang lebih enak dan lembut. Namun harganya sangat mahal. 
Apabila kita kesulitan membeli butter yang sangat mahal untuk setiap jenis kue, kita bisa melakukan alternatif lain dengan mencampurkan margarin dengan mentega. Walau hasilnya tidak sama dengan memakai mentega saja, tapi pencampuran ini juga dapat menghasilkan kue yang lebih enak dan beraroma enak. 
Cara yang lain adalah dengan membeli margarin khusus yang sudah tercampur dengan butter. Sekarang semakin banyak tersedia di pasaran untuk memudahkan kita membuat kue. 
Jika kita menyimpan Margarin/Mentega di kulkas, sebaiknya diamkan dulu margarin agar suhunya normal kembali seperti suhu ruangan sebelum kita membuat adonan kue. 
Ada beberapa resep yang tidak menggunakan mentega/margarin, tapi dengan menggantinya dengan minyak goreng. Namun begitu, rasa dan kelembutan kue kering ini tetap sama, bahkan lebih lembut. 

3. Telur 
Jangan langsung gunakan telur yang baru di keluarkan dari lemari pendingin, biarkan dulu di luar sampai suhunya kembali pada suhu ruangan agar adonan kue yang kita buat tidak gagal nantinya. 
Penggunaan telur tergantung dari tiap resep (kue). Ada yang menggunakan kuning telurnya saja, ada yang putihnya saja dan ada yang menggunakan telur utuh (putih dan kuning sekaligus). 
Yang perlu di perhatikan adalah suhu telur dan cara mengocok/menyatukan telur dengan bahan lain. 
Selain sebagai bahan utama dan campuran bahan lain dalam membuat adonan, telur juga dapat di jadikan penghias kue sebelum di panggang. Gunakan kuning telur atau putih telurnya saja (tergantung selera kita). 
Untuk hasil hiasan dari olesan telur yang lebih berwarna, kita bisa tambahkan pewarna makanan tanpa rasa pada telur. Tapi jika kita ingin menambahkan aroma/rasa, bisa gunakan pasta makanan dengan esens buah-buahan. 

4. Gula

Jenis gula yang paling sering di gunakan dalam membuat kue kering adalah Gula halus. Bisa kita dapatkan yang instant (semacam gula donat yang di jual per pack) atau bisa kita buat sendiri agar lebih hemat dan di sesuaikan selera. 
Ada banyak jenis gula lain yang biasa digunakan membuat kue kering, tergantung resep dan selera kita. Ada yang gula kasar, gula palem, gula merah bahkan brown sugar (gula pasir yang dikaramelkan). 
Gula halus ini biasanya merupakan awal dari proses adonan kue kering kita, yaitu dengan mencampurkan (mengocok) dengan mentega sebelum di tambahkan bahan lain sampai menjadi adonan.
Resep Kue Kering


Nama Nama Kue Kering
Nastar Selai Nanas
Kue Kering Sagu Kelapa
Chocolate Cornflakes Cookies
Kue Sagu Keju
Kue Kacang
Kue kering choco chips
Kue Kering Havermut Keju
Kue Kering Lidah Kucing
Kue Kering Kurma
Kue Kering Jagung
Kue Bangkit
Kue Kering Semprit Susu
Kue Coklat
Kue Kering Lontong Paris
Greentea Cookies
Macaroon
Kue Kering Kelapa Coklat
Kastengel Keju
Kue kering Putri Salju
Kue Kering Satu Kacang Hijau
Kue Kuping Gajah
Kue Semprong
Kue Biji Ketapang
Skippy Kacang Mede Coklat
Kukis Keju Cheddar
Rice Crispy Marshmallow
Kue Kering Brownies
Kue Kering Aroma Lemon
Kue Kering Bola Bola Vanili Salut Kacang
Kue Kering Isi Durian
Kue Kering Banket Kenari
Tabur dengan kenari irisan.
Strawberry Alfajores
Oarmeal Cerry Cookies
Ginger Coffee nut Cookies
Kue Kering Emping Kenari
Sus Kering Keju Coklat
Oregano Cheese Stick
Kue Kering Dua Sisi
Kukis Kacang Kayu Manis
Kue Kering Pisang Coklat

Aneka Resep Kue Kering Yang Praktis dan Sederhana Terpopuler

Resep Kue Kering

Resep Kue Kering Lebaran  Kue Biji Ketapang

Resep Kue kering lebaran  Kue Biji Ketapang
Bahan membuat resep kue kering lebaran Kue Biji Ketapang :
450 gr Tepung terigu
150 gr Gula pasir
2 butir Telur ayam
50 gr Margarin
1/4 sdt Vanili bubuk
8 sdm Susu cair
100 gr Kelapa parut disangrai sampai kering lalu haluskan
Minyak untuk menggoreng
.
Cara Membuat resep kue kering lebaranKue Biji Ketapang :
Kocok atau mixer gula pasir, margarin, dan vanili bubuk sampai lembut.
Tambahkan telur , kocok kembali hingga rata.
Masukkan tepung terigu dan kelapa sangrai halus secara bergantian dengan susu cair sambil diaduk rata.
Pastikan adonan sudah kalis, lalu gulung setiap 100 gr adonan menjadi bentuk silinder yang bergaris tengah 1 cm. kemudian potong melintang serong 1 cm
Goreng didalam minyak panas yang banyak diatas api kecil hingga matang dan berwarna kecokelatan. lalu angkat dan tiriskan, kemudian biarkan dingin.
Tips  : Untuk menjaga kerenyahan simpan dalam stoples dan tutup rapat
Porsi : untuk 700 gram

RESEP KUE KERING KACANG

RESEP KUE KERING KACANG

Bahan:
1 kg tepung terigu (kunci biru atau roda biru)
500 gr gula halus (menurutku dengan takaran segitu kurang manis, jadi bisa ditambah)
500 gr kacang tanah sangrai tumbuk
500 gr minyak goreng (yang berkualitas)
1 sdt vanili bubuk
kuning telur untuk olesan

Cara Membuat:
ayak gula halus dan terigu, masukkan vanili, kacang tumbuk, minyak goreng, aduk rata.
gilas adonan setebal kira-kira 5 mm (bisa lebih tapi jangan terlalu tipis), cetak sesuai selera, bisa berupa bulan sabit, bintang, hati atau yang lain.
taruh diloyang yang diolesi mentega, olesi bagian atas dengan kuning telur
panggang sampai matang 150 derajat celcius selama kira-kira 15-20 menit

Sewaktu masih panas, kue terasa agak lembek namun setelah dingin tidak lembek lagi. Jika ingin mencoba, buatlah setengah resep dahulu.

Resep Kue Kering Nastar

Resep Kue Kering Nastar

Bahan Isi (Inti);
1 Buah - Nanas ( Usahakan pilih yang sudah matang kekuningan ya)
5 cm - Batang kayu manis atau setengah sendok teh serbuk kayu manis.
150 gram - Gula pasir kasar  (atau sesuai selera, kalau ingin lebih manis, tambahkan ukuran gulanya ya)

Bahan Adonan (Kulit);

350 gram - Tepung terigu
300 gram - Mentega (Butter)
60 gram - Gula tepung (Gula halus)
50 gram - Susu kental
50 gram - Keju Cheddar (Parut halus)
2 butir - Kuning telur
Hiasan;
  • Kuning Telur
  • Pasta Nanas
  • Pewarna Kuning / Merah
  • Keju Cheddar (parut kasar/memanjang)
Cara membuat Isi (Inti Nastar);
  1. Kupas nanas, lalu di parut. Ukuran / banyaknya nanas tidak masalah, tapi lebih baik buat banyak. Jadi, jika selai nanas masih tersisa setelah membuat kue, bisa kita gunakan untuk membuat adonan baru atau dimakan sama roti, asyik kan. 
  2. Setelah nanas diparut, panaskan kuali atau teflon, lalu masukkan parutan nanas + kayu manis + gula pasir. Aduk Rata.
  3. Biarkan hingga mendidih, air nanas akan membuat selai kita jadi tambah nikmat. ^_^
  4. Aduk terus, agar bagian bawah tidak lengket dan gosong. Teruskan mengaduk sampai air meresap.
  5. Setelah warnanya sudah kecoklatan dan kering (tapi tidak terlalu kering ya). Angkat dan biarkan dingin. Sementara itu, kita buat adonan kulit kue kita.
Cara membuat Kulit (Adonan Nastar);
  1. Mixer mentega (butter) + gula halus + Keju halus + Susu kental, sampai benar-benar tercampur rata dan agak mengembang (jangan sampai memutih, nanti kue kita malah memuai ketika dipanggang).
  2. Kurangi kecepatan mixer (sampai nomor 1 saja), masukkan kuning telur satu persatu sambil terus di kocok sampai menyatu/rata. Matikan mixer.
  3. Masukkan masukkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil terus diratakan dengan sendok kayu / spatula. Jangan terlalu kuat dalam mengaduk ya.
  4. Setelah rata dan menjadi adonan, ambil sedikit adonan untuk dibulatkan lalu dipipihkan. Ambil sesendok teh selai nanas, letakkan ditengah adonan, bulatkan lagi (tutup dengan adonan). Atau anda bisa membentuk adonan sesuai selera ya.
  5. Letakkan adonan yang sudah dibentuk ke loyang. Olesi dengan kuning telur yang diberi pasta dan pewarna. Bagi yang lebih suka kue nastar polos, anda bisa langsung panggang kuenya. Bagi yang ingin menambahkan keju diatasnya, langsung saja letakkan keju diatas olesan telur sebelum dipanggang.
  6. Setelah itu, panggang sampai matang (jangan lupa panaskan oven dulu sebelum mulai memanggang).

Resep Kue Kering Blueberry

Resep Kue Kering Blueberry

Bahan-bahan:
250 gram - Tepung terigu
150 gram - Mentega (Butter)
75 gram - Gula tepung (Gula halus)
30 gram - Susu bubuk
30 gram - Keju edam (Di parut)
2 butir - Kuning telur

Inti:
Selai Blueberry atau Anggur atau Selai coklat bila anda lebih suka coklat.


Cara membuat:
  1. Mixer butter + gula halus. Jangan terlalu lama, hanya sekitar 20 detik dengan kecepatan sedang sampai semua bahan menyatu.
  2. Kurangi kecepatan mixer (sampai yang terendah), masukkan kuning telur satu persatu sambil terus di kocok sampai menyatu/rata. Matikan mixer.
  3. Masukkan keju edam, aduk rata. Lalu masukkan susu bubuk + sedikit-sedikit tepung terigu sambil terus diratakan dengan sendok kayu. Jangan terlalu kuat dalam mengaduk.
  4. Setelah semua bahan tercampur rata dan menjadi adonan, ambil sedikit adonan, bulatkan lalu di tekan tengahnya untuk inti. Letakkan selai blueberry ditengahnya dengan menggunakan sendok teh.
  5. Jangan di tutup adonan lagi. (kalaupun anda ingin menghias kue ini, anda bisa menambah adonan yang dipilin menyerupai tali lalu dilintangkan di atas selai, seperti bentuk kue pie).
  6. Setelah semua adonan dibentuk dan diberi selai, panggang sampai matang (jangan lupa panaskan oven dulu sebelum mulai memanggang).

Resep Kue Kering Coco Crunch (Coco Crunch Cookie)

Resep Kue Kering Coco Crunch

Bahan-bahan:


250 gram - Tepung terigu
220 gram - Mentega (Butter)
150 gram - Gula tepung (Gula halus)
30 gram - Susu kental
2 butir - Kuning telur
1 pack - Coco crunch (bungkus sedang)
½ sendok makan - Cokelat bubuk (Coco powder)
Mangkuk kertas khusus kue kering - Secukupnya


Hiasan:
Coco crunch atau Coklat putih - Secukupnya


Cara membuat:

  1. Mixer butter + gula halus + Susu kental. Jangan terlalu lama, hanya sekitar 20 detik dengan kecepatan sedang sampai semua bahan menyatu.
  2. Kurangi kecepatan mixer (sampai yang terendah), masukkan kuning telur satu persatu sambil terus di kocok sampai menyatu/rata. Matikan mixer.
  3. Masukkan coklat bubuk + coco crunch, aduk rata. Lalu masukkan sedikit-sedikit tepung terigu sambil terus diratakan dengan sendok kayu. Jangan terlalu kuat dalam mengaduk.
  4. (catatan: adonan kue ini memang agak lembek – seperti antara adonan cake dan kue kering – jadi jangan menambahkan tepung untuk mengeraskan adonan).
  5. Siapkan / susun mangkuk kertas diloyang, lalu ambil 1 sendok teh adonan tadi dan letakkan di mangkuk kertas. Lakukan terus sampai semua adonan habis. Hias dengan coco crunch utuh atau parutan cokelat putih diatasnya.
  6. Panggang sampai matang (jangan lupa panaskan oven dulu sebelum mulai memanggang).

Resep Kue Kering Coklat Kayu Manis (The Cinnamon Chocolate)

Resep Kue Kering Coklat Kayu Manis

Bahan-Bahan:

110 gram - Tepung terigu 
80 gram - Tepung Maizena 
150 gram - Margarin / Mentega 
100 gram - Gula tepung (gula halus) 
20 gram - Susu kental manis 
20 gram - Susu bubuk 
20 gram - Cokelat bubuk (Coco powder) 
1 butir - Kuning telur 
½ sendok teh - Bumbu spekkoek (serbuk kayu manis) 


Untuk hiasan: 
Putih telur dan Wijen - Secukupnya. 


Cara membuat:
  1. Mixer margarine / mentega + gula halus + susu kental manis. Jangan terlalu lama, hanya sekitar 20 detik dengan kecepatan sedang sampai semua bahan menyatu.
  2. Kurangi kecepatan mixer (sampai yang terendah), masukkan kuning telur sambil terus di kocok sampai menyatu/rata. Matikan mixer.
  3. Masukkan susu bubuk, aduk. Lalu masukkan coklat bubuk + bumbu spekkoek (serbuk kayu manis), aduk rata dengan sendok kayu.
  4. Masukkan tepung terigu + tepung maizena sedikit demi sedikit sambil terus diratakan dengan sendok kayu. Jangan terlalu kuat dalam mengaduk.
  5. Setelah semua bahan tercampur rata dan menjadi adonan, ambil sedikit adonan untuk di giling (gunakan kertas minyak / kertas roti agar tidak lengket). Jangan terlalu menekan adonan. Setelah itu cetak sesuai selera.
  6. Letakkan adonan yang telah dicetak di Loyang, olesi dengan putih telur dengan menggunakan kuas, lalu taburi wijen. (perpaduan warna coklat adonan dan putih wijen akan terlihat menarik ^_^).
  7. Panggang sampai matang (jangan lupa panaskan oven dulu sebelum mulai memanggang).

Resep Kue Kering Sagu Kelapa

Resep Kue Kering Sagu Kelapa

Bahan-bahan:
230 gram - Tepung sagu (bisa memakai Tepung kanji/maizena)
150 gram - Margarin
100 gram - Gula tepung (Gula halus)
1 Butir - Telur utuh
20 gram - Susu bubuk
70 gram - Kelapa kering dihaluskan (Bisa memakai yang sudah jadi/instan)
2 sendok makan - Santan kelapa kental (Bisa memakai yang sudah jadi/instan)

Alat:
Plastik segitiga dan cetakan semprit

Cara membuat:
  1. Sangrai /panaskan dengan wajan diatas api kecil Tepung sagu (Kanji/Maizena) sampai matang dan jangan sampai hangus. Setelah itu diamkan sampai benar-benar dingin, lalu ayak dan sishkan dahulu.
  2. Mixer Margarin + gula halus. Jangan terlalu lama, hanya sekitar 20 detik dengan kecepatan sedang sampai semua bahan menyatu.
  3. Kurangi kecepatan mixer (sampai yang terendah), masukkan telur utuh sambil terus di kocok sampai menyatu/rata. Lalu masukkan santai kental, aduk rata sebentar. Matikan mixer.
  4. Masukkan kelapa kering + susu bubuk, aduk rata. Lalu masukkan sedikit-sedikit tepung sambil terus diratakan dengan sendok kayu. Jangan terlalu kuat dalam mengaduk.
  5. (catatan: adonan kue ini memang agak lembek – seperti antara adonan cake dan kue kering – jadi jangan menambahkan tepung untuk mengeraskan adonan).
  6. Ambil plastik segitiga yang sudah disatukan dengan cetakan semprit, masukkan adonan dengan menggunakan sendok, lalu semprotkan langsung ke Loyang yang sudah diolesi mentega. Lakukan terus sampai semua adonan habis.
  7. Panggang sampai matang (jangan lupa panaskan oven dulu sebelum mulai memanggang).
Demikian Sebagian Resep Kue Kering Dapat admin Sampaikan, Semoga Bermanfaat dan dapat membatu sahabat semua ketika sedang mencari referensi cara membuat Kue Kering. Selamat Mencoba

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1876933177057504259#editor/target=post;postID=5371994158039169114
close

DMC