Kumpulan Contoh CV (Curriculum Vitae) Yang Baik dan Benar Terbaru 2016

Contoh CV / Curriculum Vitae merupakan syarat dalam mengajukan lamaran pekerjaan. CV atau curriculum Vitae yang dalam bahasa indonesia disebut dengan daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya ( wikipedia). CV begitu penting terlebih untuk menjelaskan berbagai hal seperti nama, Tempat tanggal lahir, agama, no kontak yang bisa dihubungi. - See more at: http://www.usaharumahan19.com/2014/06/contoh-cv-curriculum-vitae-yang-baik.html#sthash.IaEhgJW1.dpuf
Kumpulan Contoh CV (Curriculum Vitae) - Contoh CV / Curriculum Vitae merupakan syarat dalam mengajukan lamaran pekerjaan. CV atau curriculum Vitae yang dalam bahasa indonesia disebut dengan daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya ( wikipedia). CV begitu penting terlebih untuk menjelaskan berbagai hal seperti nama, Tempat tanggal lahir, agama, no kontak yang bisa dihubungi.

Curriculum Vitae (CV) atau resume adalah gambaran diri Anda.  CV adalah hal pertama yang dilihat perusahaan dari diri seorang pelamar saat melamar sebuah pekerjaan.  Keberadaan CV sangatlah krusial karena lewat CV itulah perusahaan mendapat kesan pertama mengenai kita.  Ibaratnya apa yang kita tulis di CV adalah usaha kita dalam self-branding dan memasarkan keahlian diri sehingga kita terpilih menjadi orang yang tepat dalam mengisi posisi kerja yang dibutuhkan.  Memiliki CV yang efektif dan menarik akan meningkatkan kesempatan Anda dalam mendapatkan pekerjaan idaman Anda. Lalu bagaimana cara membuat CV yang efektif, menarik dan menjual?

Ketika Anda akan melamar suatu pekerjaan yang selama ini Anda impikan, tahukah Anda hal pertama yang harus Anda tunjukkan kepada pihak perusahaan? CV. Ya benar sekali, CV atau nama panjangnya Curriculum Vitae. CV adalah sebuah dokumen singkat yang merangkum tentang data pribadi kita dari riwayat kehidupan hingga riwayat pekerjaan. CV yang baik sangat penting untuk menunjukkan profesionalisme kita. Mari pahami apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat CV yang baik: 

10 Syarat Pembuatan Contoh CV (Curriculum Vitae)

1. Pahami dasar- dasar menulis CV yang baik

Sebenarnya, tidak ada peraturan yang kaku dalam penulisan CV. Namun, ada beberapa hal pokok yang harus Anda sertakan dalam CV-mu. Hal tersebut mencakup informasi data diri, kontak, riwayat pendidikan, keahlian khusus yang Anda miliki, pengalaman kerja, ketertarikan pribadi, prestasi, hobi, dan daftar orang yang bisa Anda memberimu referensi.

2. Perhatikan penampilan CV-mu

CV yang lolos pasti adalah CV yang secara hati-hati disusun dan di-print kertas yang bersih dan rapi. Jangan pernah mengirimkan CV di dalam amplop dalam kondisi yang tertekuk- tekuk atau terlipat. Hal tersebut akan menunjukkan kalau Anda bukan orang yang kurang serius dalam melamar perusahaan tersebut. Sebisa mungkin, tulislah juga hal-hal yang paling penting di CV-mu pada bagian tengah. Di situlah pertama kali orang akan melemparkan pandangan mereka. Gunakan juga foto dengan pose dan pakaian yang sopan.

3. Jangan lebih dari dua halaman

Sebuah CV yang baik harus rapi, jelas, dan padat. Buatlah setiap poin jelas dengan tidak berputar-putar menceritakan hal-hal yang kurang penting. Tulis saja apa yang penting, dan hapus yang tidak penting. Orang-orang di perusahaan hanya akan melihat sekilas CV yang Anda buat. Kalau Anda kebanyakan basa-basi, tentu CV-mu akan ditolak karena tidak menarik. Selain itu , sebisa mungkin gunakanlah kertas berukuran A4 (yang dianggap standar)

4. Pahami Job Description pekerjaanmu

Job description adalah penjelasan tentang tugas umum/tanggung jawabmu dalam melakukan suatu pekerjaan. Nah, hal ini menjadi penting untuk menyesuaikan antara pekerjaan yang Anda lamar dengan kemampuanmu. Cari tahu lewat internet atau buku tentang detail tanggung jawab dalam pekerjaan yang Anda lamar. Lalu, kalau Anda pernah melakukan pekerjaan yang sama, sebutkan hal itu dalam CV-mu. CV Anda pun akan mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan.

5. Selalu Lakukan penyesuaian pada CV-mu

Hal ini khususnya perlu Anda lakukan jika Anda melamar lebih dari satu jenis pekerjaan. Logikanya, setiap pekerjaan atau perusahaan akan membutuhkan orang dengan kemampuan dan ketertarikan yang unik. Tidak ada yang sama satu dan lainnya. Sebagai seorang pelamar kerja, Anda memiliki lebih dari satu hal yang istimewa. Pilihlah sisi istimewa mana yang paling tepat ditonjolkan dalam usahamu melamar. Sisi istimewa yang Anda tonjolkan bisa berbeda-beda, tergantung tuntutan perusahaan tempatmu melamar. Dengan begini, lamaranmu di sebagian besar perusahaan itu akan lebih mudah diterima.

6. Tulislah keahlianmu secara jelas dan unik

Coba pikirkan, dari ratusan lamaran yang akan masuk, apa yang akan membuatmu nampak unik? Ada banyak sekali yang bisa Anda lakukan, tetapi salah satu hal yang tidak mungkin diabaikan oleh perusahaan adalah keahlian individualmu. Tulis keahlian yang membuatmu tampak berbeda dan unik, seperti mampu berbahasa asing, mampu mengoperasikan beberapa piranti lunak, mampu memimpin dan dipimpin dalam tim, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dll.

7. Setelah itu, tulis juga ketertarikan personalmu

Tuliskan ketertarikanmu akan suatu hal secara khusus. Lakukan ini untuk menujukkan ke perusahaan bahwa Anda adalah orang yang penuh antusiasme dalam hidup. Semisal Anda punya hobi unik yang mengantarkanmu ke sebuah sukses kecil dalam hidupmu, tuliskan saja.

8. Cantumkan juga pengalaman- pengalamanmu

Tulis saja semua dengan singkat dan jelas. Tulislah pengalaman kerjamu, atau organisasi, atau juga pengalamanmu dalam kegiatan- kegiatan sosial yang Anda pernah ikuti. Tunjukkan ke perusahaan yang Anda lamar bahwa Anda adalah orang yang terlibat aktif dalam berbagai kegiatan.

9. Masukan referensi yang bisa diandalkan

Hal ini sangat penting untuk ditambahkan karena referensi memberitahu perusahaan bahwa mereka bisa mengecek kebenaran data yang Anda tulis dari orang yang Anda jadikan referensi. Pilihlah temanmu atau rekan kerjamu yang cukup dekat mengenalmu dan mengetahui cukup baik tentang bagaimana Anda dalam bekerja.

10. Jangan lupa untuk selalu update CV-mu

Kalau Anda ingin dipandang baik oleh perusahaan yang Anda lamar, maka jangan sampai Anda kelewatan untuk melaporkan pekerjaan atau kegiatan terakhir (organisasi, volunteering, magang) dimana Anda terlibat. Akan jauh lebih baik lagi kalau Anda buat CV-mu dari sekarang sehingga tidak akan ada hal yang terlewat ketika harus membuat CV . Buat calon perusahaan yang Anda lamar terkesan dengan keaktifan dan antusiasme Anda bergabung dengan mereka.

Kumpulan Contoh CV Yang Baik dan Benar Terbaru 2016


Data Pribadi
Nama                              :Zaki Fals
Tempat, Tanggal Lahir   : Tasikmalaya, 23 Oktober 1990
Jenis Kelamin                 : laki laki
Agama                            : Islam
Kewarganegaraan           : Indonesia
Alamat                            : Kp. Nagrak Jamanis sindangraja, Tasikmalaya
Telepon                           : 0265 -18298839 (Rumah)
                                        0856813728370293 (Handphone)

Latar Belakang Pendidikan

A. Formal
1991 – 1994 : SMP Tasikmalaya
1994 – 1997 : SMEA Tasikmalaya
1997 – 2001 : Yayasan Pendidikan Indonesia (Yapendik), Bandung

B. Non Formal
1994 – 1996 : Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Jakarta
1996 – 1997 : Kursus Bahasa Inggris di Berlitz English, Jakarta
2003 – 2003 : Kursus Pajak (Brevet A & B) 

Kemampuan Yang Dimiliki
  • Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills) Journal printing & Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
  • Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
  • Sistem Perpajakan

Pengalaman Kerja

A. Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja di  : PT. Pileuleuyan International, Bandung
Periode                : April 2000 - June 2000
Tujuan                 : Persyaratan kelulusan SMEA 1 Bandung
Posisi                   : Operator Administrasi

B. Rincian Pekerjaan:
  • Mengupdate data konsumen
  • Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
  • Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
  • Menyiapkan tagihan
A. Bekerja di PT. Tahutempe International, Bandung
Periode       : Januari 2004 - Mei 2007
Status         : Karyawan Tetap
Posisi         : Staf di bagian Finance

B. Rincian pekerjaan :
  • Mengelola kas kecil
  • Melakukan surat menyurat bisnis
  • Mengontrol persediaan peralatan kantor
  • Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
  • Penggajian atau payroll

Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.


Bandung, 20 Februari 2016


Zaki fals

Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama                                                             : Muhammad Zahrul Alam
Tempat, Tanggal lahir                                     :  Surabaya, 1 Juli 1989;
Agama                                                           : Islam;
Alamat rumah                                                 : Purwodadi Grobogan Jawatengah
Nomer telepon                                               : +628157761277
Email                                                            : rajahari@gmail.com
Riwayat Pendidikan
Ø  Pendidikan Formal:
2007 sampai dengan 2011      :  IAIN Jogja IPK 3,7
·         2003 sampai dengan 2007      :   SMA Negeri Purwodadi;
·         2000 sampai dengan 2003      :   SLTP Negeri  Purwodadi;
·         1997 sampai dengan 2000      :   SD Negeri Purwodadi ;

Pendidikan Non Formal:
· 2011 : Balatker Keahlian Komputer di Grobogan
· 2005 : Pelatihan kepemimpinan Di Learning Of Leadership VOA Jakarta

Pengalaman Organisasi
· 2005 sampai dengan 2006 : Ketua Karangtaruna Desa Purwodadi
· 2002 sampai dengan 2003 : Ketua OSIS di SMA Negri Purwodadi

Keahlian Tambahan

  • Keahlian Komputer ( MS Word, Ms Excel, Ms Powerpoint )
  • Keahlian Bahasa Inggris Listening, speaking, writing
Demikian Curriculum Vitae yang dapat saya sampaikan. Untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.                                                                                                       Hormat saya,

                                                                                        Muhammad Zahrul Alam

Curriculum Vitae

Data Pribadi
Nama                                                             : Rianti Solikhah
Tempat, Tanggal lahir                                     :  Jakarta , 2 Januari 1989;
Agama                                                           : Islam;
Alamat rumah                                                 : Purworejo Jawa tengah
Nomer telepon                                               : +628157761277
Email                                                              : rajahaari@gmail.com

Riwayat Pendidikan
Ø  Pendidikan Formal:
2007 sampai dengan 2011      :  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prodi Tarbiyah IPK 3,9
·         2003 sampai dengan 2007      :   SMA Negeri Lebak Bulus;
·         2000 sampai dengan 2003      :   SLTP Negeri  Lebak Bulus;
·         1997 sampai dengan 2000      :   SD Negeri Lebak Bulus ;

Pendidikan Non Formal:
· 2011 : Pelatihan Public Relation Oleh NS Di jakarta
· 2005 : Pelatihan kepemimpinan Di Learning Of Leadership VOA Jakarta

Pengalaman Organisasi
· 2005 sampai dengan 2006 : IPPNU PC Jakarta Selatan
· 2002 sampai dengan 2003 : Ketua OSIS di SMA Negri Lebak Bulus

Keahlian Tambahan

  • Keahlian Komputer ( MS Word, Ms Excel, Ms Powerpoint )
  • Keahlian Bahasa Inggris Listening, speaking, writing
Pengalaman Bekarja
  • 2002 : Supervisor Astra International
  • 2007 : Manager Personalia PT Hamengku Buwono Yogyakarta
         Demikian Curriculum Vitae yang dapat saya sampaikan. Untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.                                                                                                       Hormat saya,
                                                                                       Rianti Solikhah

Contoh Curriculum Vitae

    Nama: Annisa Pandanwangi
    Jenis Kelamin: Wanita
    Alamat: Kebon Nanas, Jakarta Timur
    Tempat, Tanggal Lahir: Depok, 26 Januari 1988
    Status: Menikah
    Agama: Islam
    Phone: 081234567890
    E-mail: pandanwangi.annisa@gmail.com

Pendidikan Formal

    2006 – 2010 : Fakultas Teknik Informatika, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
    2003 – 2006 : SMUN 4 Bekasi
    2000 – 2003 : SLTPN 7 Bekasi

Pendidikan Nonformal

    2014 Google Analytics Academy
    2010 Microsoft SQL Server 2008 Database, Microsoft Certified of Achievement
    1999 LIA English Course, General English Advanced Class

Pengalaman Kerja

    November 2011 – April 2012 PT. Wire Zero Pariwara (GroupZ) pada Divisi Mediacom sebagai Digital Search
    April – September 2012 PT. Wire Zero Pariwara (GroupZ) pada Divisi Interaction sebagai Search Specialist
    Oktober 2012 – Sekarang PT. Valala Mandiri pada Divisi SEM sebagai SEM Manager

Pengalaman Organisasi
2008 Ketua divisi Hubungan Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Y.A.I2007 Anggota divisi Hubungan Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Y.A.I

Kemampuan

 Mengerti dan dapat mengoperasikan Microsoft Office, Windows XP, Personal Computer, Java Script, C++, HTMLMengerti SEM (Search Engine Marketing) : Search, GDN, Youtube, Facebook Ads

Sertifikat
Search Advertising Certificate, exp: Juli 2014Google Analytics Individual Qualification, exp: Desember 2014
Demikianlah pembahasan mengenai Contoh CV (Curriculum Vitae) yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk sahabat yang sedang mencari pekerjaan...

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1876933177057504259#editor/target=post;postID=5371994158039169114
close

DMC