TRIK MUDAH SEO|CARA OPTIMASI BLOG ANDA

TRIK MUDAH SEO, CARA OPTIMASI BLOG ANDA

Trik Mudah Seo, Cara Optimasi Blog Anda – SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization adalah sebuah cara/trik untuk meningkatkan pengunjung suatu blog melalui mesin pencari atau search engine. Untuk meningkatkan pengunjung dari mesin pencari, suatu blog harus menempati posisi strategis, biasanya posisi tersebut di halaman satu mesin pencari, untuk kata kunci tertarget. Misalnya, blog kita membahas tentang masalah internet, blogging dan SEO, agar dapat meningkatkan pengunjung dari search engine, maka beberapa kata kunci strategis harus dimenangkan, sehingga artikel sebuah blog bisa berada di halaman pertama saat pengguna memasukkan queri tertentu, misalnya, pengguna memasukkan kata Trik Mudah SEO. Sangat sulit untuk memposisikan beberapa kata kunci sekaligus agar suatu halaman, suatu pos bisa tampil di halaman pertama mesin telusur, terutama mesin telusur nomor satu milik google. Oleh karena itu, sebaiknya menetapkan satu kata kunci saja untuk mengoptimasi suatu halaman atau post. Inilah salah satu prinsip utama dalam penerapan trik mudah SEO.

Agar dapat bersaing di hasil penelusuran mesin telusur google, suatu blog sebaiknya menerapkan beberapa trik maupun strategi optimasi blog. Trik ini biasa disebut dengan istilah SEO, yaitu dengan sedikit memodifikasi sebuah situs/blog, sehingga situs tersebut mudah berinteraksi dengan pengguna yang memasukkan queri tertentu pada mesin telusur. Trik SEO secara filosofis dapat dimaknai sebagai cara mengoptimalkan pengunjung melalui search engine (mesin penelusuran), dengan menyediakan informasi dan pengalaman menarik bagi pengguna.

Secara umum, trik SEO dibedakan dalam dua jenis, yaitu optimasi SEO offpage dan optimasi SEO onpage. Optimasi offpage adalah sebuah trik/teknik optimasi dari luar blog. Dilihat dari tujuannya, trik SEO ini menitikberatkan orientasi strateginya terhadap popularitas sebuah blog yang akan dioptimasi, salah satu caranya yaitu melakukan promosi blog. Beberapa cara menerapkan trik SEO offpage adalah meninggalkan backlink atau link yang menuju ke blog, misalnya melalui jejaring sosial, sosial bookmark, forum-forum sosial, maupun meninggalkan link melalui komentar di blog-blog lain. Agar lebih alamiah, trik optimasi offpage sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan, sehingga tidak dianggap sebagai blog spam oleh robot mesin telusur google. Perlu diperhatikan, bahwa kebanyakan webmaster terlalu berlebihan melakukan trik SEO offpage, bahkan tidak jarang para webmaster memanfaatkan jasa pemasangan backlink. Hal tersebut justru berpotensi membahayakan eksistensi sebuah blog, ketika robot mesin telusur mendeteksinya sebagai spam, karena melakukan over optimasi. Jika hal ini terjadi, sebaik apapun sebuah blog menerapkan trik SEO, hasilnya akan sia-sia.

Sementara itu, optimasi onpage adalah trik optimasi dari dalam blog itu sendiri, misalnya membuat serta mengatur title tag agar SEO friendly, menerapkan template SEO friendly, menerapkan deskripsi meta tag, pengaturan heading halaman, membuat navigasi agar menyediakan pengalaman pengguna yang menarik, serta membuat konten dalam bentuk artikel orisinil, berkualitas, menarik bagi pengguna. Beberapa webmaster, bahkan melakukannya dengan membuat internal link secara berlebihan, sehingga terkesan tidak alamiah, tampak seperti hutan link. Hal tersebut juga dapat membahayakan eksistensi sebuah blog, karena hutan link juga dianggap melanggar pedoman mutu webmaster.

Dengan asumsi-asumsi di atas, kami hanya akan membahas beberapa trik SEO penting, alamiah, aman, serta tidak melanggar pedoman mutu webmaster. Meskipun trik SEO pada pokok bahasan di bawah akan nampak pelan, tetapi lebih aman untuk jangka panjang. Intinya, tidak terburu-buru, lakukan trik SEO secara wajar.
Membuat Title Page SEO Friendly, Sebagai Salah Satu Trik Mudah SEO
Title page merupakan salah satu elemen paling berperan dalam meningkatkan efektifitas penerapan trik SEO. Oleh karena itu, title page harus dibuat serta direncanakan sesuai kata kunci tertarget. Misalnya, Anda menarg5tkan kata kunci trik mudah SEO, maka title page harus disesuaikan kata kunci tertarget tersebut, contoh Trik Mudah Seo, Cara Optimasi Blog Anda. Begitu juga ketika webmaster menargetkan kata kunci lebih pendek, misalnya trik seo, maka title page sebaiknya lebih disederhanakan lagi menjadi Trik SEO, Cara Optimasi Blog Anda. Dengan demikian, tingkat kerapatan kata kunci pada titel page juga menentukan efektifitas penerapan trik SEO sebuah b5og. Oleh karena itu, agar title page lebih mengarah pada sebuah posting artikel, sebaiknya title page standar blogger diganti dengan title 5age SEO friendly, seperti di bawah ini:
1.    Masuk ke www.blogger.com, pilih blog yang akan diatur title pagenya.
2.    5ilih Template.

3.    Pilih Edit HTML.

4.    Cari kode <title><data:blog.pageTitle/></title>, gunakan tombol ctrl+F agar lebih mudah, lalu ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini:
<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'><data:blog.title/>
<b:else/><data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>
Memilih Judul Halaman Posting Yang Relevan Merupakan Strategi Jitu Trik Mudah SEO
Judul halaman yang relevan juga merupakan faktor sangat penting dalam menerapkan trik mudah SEO, sehingga posting suatu artikel mampu bersaing di halaman pertama hasil penelusuran mesin pencari. Pilihlah judul blog unik serta menarik, sehingga akan menjadi pembeda saat robot mesin pencari merayapi sebuah halaman. Pertimbangkan untuk memilih judul halaman dengan queri kata kunci yang banyak dicari pengunjung. Untuk melakukan survey kata kunci, Anda bisa menggunakan fasilitas google adwords. Memanfaatkan fasilitas Googla Adwords Keyword Tool, merupakan trik menentukan judul, tema, serta materi sebuah artikel. Gunakan judul posting singkat, deskriptif, serta mengandung unsur kata kunci tertarget. Selain itu, judul blog juga harus memberikan informasi awal sekaligus deskriptif, serta menarik bagi pengguna. Panjang judul posting suatu artikel sebaiknya tidak lebih dari 9 kata. Hal ini disebabkan mesin pencari, terutama google.com, hanya menampilkan sejumlah kata judul posting saja. Jika judul terlalu panjang, justru sebagian tidak akan ditampilkan di hasil penelusuran. Sekali lagi saya tegaskan, pemilihan judul menjadi faktor penting dalam penerapan trik mudah SEO.
Menentukan Struktur URL Merupakan Trik Mudah SEO Yang Cerdik
Penerapan trik seo tidak lepas dari penyusunan struktur URL. Struktur URL sederhana, informatif, dan sesuai dengan tema sebuah blog maupun artikel, akan sangat membantu memberikan informasi kepada mesin pencari tentang tema blog Anda. URL terlalu panjang justru memberikan kesan bahwa URL tersebut sebagian teksnya tidak memberikan informasi yang diperlukan. Blog berplatform Wordpress, struktur URLnya sudah cukup baik, sementar blog berplatform blogger, struktur URLnya terlalu rumit. Oleh karena itu, untuk blog berplatform blogger harus jeli serta memiliki trik tersendiri dalam menentukan struktur URL sebuah artikel. Dengan menempatkan kata kunci pada struktur URL akan membantu mesin pencari membaca informasi maupun tema suatu artikel. Selain itu, trik menentukan struktur URL akan memberikan keuntungan saat pengguna memasang backlink dengan menggunakan URL halaman artikel Anda, dimana mesin pencari google akan menemukan informasi maupun tema dari sebuah ID saat merayapi backlink tersebut.
Membuat Deskripsi Meta Tag Untuk Mengoptimalkan Penerapan Trik SEO
Deskripsi meta tag merupakan penjelasan serta gambaran singkat mengenai isi suatu artikel maupun halaman posting. Menerapkan trik seo dengan merencanakan deskripsi meta tag yang informatif, serta menyematkan beberapa frasa kata kunci, akan membantu memberikan informasi kepada mesin pencari mengenai materi serta tema sebuah artikel. Oleh karena itu, pandai-pandailah membuat deskripsi meta tag, karena akan membantu meningkatkan afektifitas penerapan trik SEO Anda. Deskripsi meta tag yang baik terdiri dari beberapa kata saja dalam bentuk paragraf pendek. Deskripsi meta tag akan ditampilkan di hasil penelusuran mesin pencari dalam bentuk potongan kata, sehingga keberadaan deskripsi meta tag akan dijadikan referensi mesin pencari Google untuk menemukan sebuah kata, kalimat, serta frase. Cara membuat deskripsi meta tag cukup sede5hana, apalagi untuk blog berplatform blogger, sudah disediakan fitur pembuatan deskripsi meta tang dinamis. Untuk membuat deskripsi meta tag SEO friendly bisa dilihat artikel Mengatur Meta Deskripsi Dinamis Pada Blogger.
Membuat Navigasi Merupakan Trik SEO Penting
Membuat navigasi akan memudahkan pengguna dalam menemukan informasi yang dibutuhkan. Google sangat menyukai situs-situs yang memiliki navigasi yang menyediakan kemudahan dan pengalaman pengguna yang menarik. Selain itu, meskipun alogaritma mensin pencari hanya melakukan perayapan pada tingkat halaman posting artikel, namun dengan navigasi yang baik, jelas akan membantu robot mesin pencari Google melakukan perayapan sebuah blog. Navigasi bisa dibuat dengan memasang label maupun navigasi breadcrumbs. Memasang label sangat mudah, biasanya digunakan untuk mengelompokkan artikel sejenis. Misalnya label Internet dan Blogging berisi tentang artikel-artikel yang membahas masalah internet dan blogging seperti Trik Mudah SEO, Mengatur Meta Deskripsi Dinamis Pada Blogger, dll. Untuk memasang label, masuk pada pos artikel yang akan diberi label, pilih edit, kemudian klik label di bagian kanan atas jendela editor, masukkan label sesuai keinginan.

Sedangkan breadcrumbs adalah baris link internal yang memungkinkan pengguna untuk menuju ke kelompok artikel (label) saat membuka sebuah halaman, juga memungkinkan pengguna kembali ke halaman utama (homepage). Lihat gambar di bawah ini untuk melihat penggunaan breadcrumbs.

Memasang Breadcrumbs Sebagai Bagian Dari Trik Mudah SEO
1.    Masuk ke akun blogger, pilih menu Template
2.    Pilih Edit HTML
3.    Kemudian cari kode ]] > </b:skin>. Untuk memudahkan pencarian, gunakan “Ctrl F”.
4.    Letakkan kode di bawah ini tepat di atas kode ]] > </b:skin> tadi
.breadcrumbs {padding:5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 15px 0px; font-size:100%; line-height: 1.4em; border-bottom:3px double #eee;}
5.    Setelah itu cari kode <b:includable id='main' var='top'>, kemudian ganti kode tersebut dengan kode di bawah ini:
<b:includable id='breadcrumb' var='posts'><b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'><b:if cond='data:blog.pageType == "static_page"'><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> » <span><data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == "item"'><!-- breadcrumb for the post page --><b:loop values='data:posts' var='post'><b:if cond='data:post.labels'><div class='breadcrumbs' xmlns:v='http://rdf.data-vocabulary.org/#'><span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' property='v:title' rel='v:url'>Home</a></span><b:loop values='data:post.labels' var='label'>» <span typeof='v:Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url' property='v:title' rel='v:url'><data:label.name/></a></span></b:loop>» <span><data:post.title/></span></div><b:else/><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='tag'>Home</a></span> » <span>Unlabelled</span> » <span><data:post.title/></span></div></b:if></b:loop><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == "archive"'><!-- breadcrumb for the label archive page and search pages.. --><div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> » <span>Archives for <data:blog.pageName/></span></div><b:else/><b:if cond='data:blog.pageType == "index"'><div class='breadcrumbs'><b:if cond='data:blog.pageName == ""'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> » <span>All posts</span><b:else/><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></span> » <span>Posts filed under <data:blog.pageName/></span></b:if></div></b:if></b:if></b:if></b:if></b:if></b:includable><b:includable id='main' var='top'><b:include data='posts' name='breadcrumb'/>
6.    Setelah itu klik Simpan template
Cek blog/halaman Anda, Breadcrumbs sudah terpasang.
Peran Title Page, Deskripsi Meta Tag, dan Navigasi Bradcrumbs Sebagai Elemen Utama Dalam Trik Mudah SEO

Jika kita amati cuplikan gambar hasil penelusuran di atas, kita lihat kata kunci budidaya cabai sebagai queri pencarian. Dari hasil penelusuran mesin pencari, kata tercetak tebal di atas merupakan queri kata kunci, dimana kata tersebut ada pada kalimat pertama dan berukuran paling besar yang kita sebut dengan title page, kutipan pendek pada artikel di atas merupakan deskripsi meta tag. Sementara itu, navigasi breadcrumbs juga ditampilkan dengan warna hijau di bawah title page, untuk memberikan informasi kategori atau kelompok artikel yang bersangkutan. Hal ini menunjukkan bahwa mesin pencari google sangat memprioritaskan navigasi breadcrumbs. Dari pengamatan tersebut, kita semua sepakat untuk mengatakan bahwa ketiga elemen tersebut merupakan faktor sangat penting dalam meningkatkan efektifitas SEO.
Verifikasi Situs Ke Webmaster Tools Sebagai Bagian Dari Paket Strategi SEO
Langkah selanjutnya adalah verifikasi situs Anda ke webmaster tools sekaligus membuat sitemap situs Anda. Jika blog Anda berplatform blogger, maka secara otomatis blog tersebut sudah terverifikasi pada webmaster. Namun jika belum, Anda harus melakukan verifikasi terlebih dahulu, berikut langkah-langkah memverifikasi situs ke webmaster tools.
1.    Buka https://www.google.com/webmasters/tools/home
2.    Klik tombol Tambahkan situs atau Add a site yang berada pada bagian kanan atas jendela browser Anda.
3.    Masukkan URL situs Anda lalu klik Continue, lihat gambar di bawah ini.

4.    Copy kode html yang diberikan, klik di sini untuk melihat gambar.
5.    Jangan klik verifikasi dulu, Anda harus beralih ke template blog yang Anda daftarkan, kemudian klik Edit HTML. Paste kode tersebut di bawah tag <head>, kemudian klik tombol Simpan template. Klik di sini untuk melihat gambar.
6.    Sekarang kembali ke jendela webmaster tools lagi, kemudian klik tombol Verify.
Sekarang situs Anda telah verifikasi ke webmaster tools. Langkah selanjutnya adalah membuat sitemap atau peta situs. Masih di halaman dashboard webmaster, pilih situs yang akan dibuatkan sitemap. Terlihat pada layar, kolom Sitemaps atau Peta situs masih kosong. Klik pada kolom tersebut. Lihat gambar di bawah ini.


Selanjutnya adalah klik tombol ADD/TEST SITEMAP atau TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS yang tersedia pada sebelah kanan atas jendela browser Anda. Masukkan feeds/posts/default pada kolom yang tersedia atau dapat juga dengan memasukkan atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500, lalu klik tombol Submit Sitemap atau Mengirim Peta Situs. Sekarang peta situs Anda telah terkirim, tinggal menunggu robot google menindeks peta situs Anda. Lihat gambar di bawah.

Menautkan Blog ke Perangkat Google Analytics
Google Analytics merupakan perangkat analisa data suatu situs atau blog. Dengan menautkan blog ke Google Analytics, kita bisa melakukan kontrol atau analisa terhadap lalu-lintas blog kita. Dengan mengetahui analisa data yang disajikan oleh perangkat Google Analytics, kita bisa melihat halaman atau posting mana yang berpotensi mendatangkan pengunjung. Sebaliknya, kita juga bisa mengetahui halaman atau pos mana yang kurang efektif dalam meraih pengunjung, sehingga kita bisa memutuskan apakah suatu halaman masih perlu dioptimasi atau tidak. Bagaimana cara menautkan blog ke properti Google Analytics? Silahkan baca selengkapnya pada artikel Mendaftarkan Blog Ke Google Analytics
Menambah URL ke Google Indeks
Untuk menambahkan URL ke google indeks bisa dilakukan dengan mengunjungi situs http://www.google.com/add_url.html. Masukkan url Anda ke kolom URL, serta kata kunci yang ditargetkan ke kolom tanggapan, kemudian klik tombol Add URL atau Tambahkan URL. Lihat gambar di bawah ini.



Akan muncul jendela baru submit URL webmaster, masukkan kembali URL Anda, masukkan juga kata verifikasi yang muncul, kemudian klik tombol Submit
Trik Mudah SEO Dengan Pengaturan Heading Halaman
Heading adalah baris teks yang berisi informasi untuk menjelaskan mengenai isi atau tema pada baris di bawahnya. Dengan kata lain, heading bisa juga dipahami sebagai judul suatu bab, atau sub bab, atau paragraf. Heading akan memberikan informasi kepada robot mesin telusur bahwa kata atau kalimat atau bagian ini adalah sangat penting, dengan identitas heading <h1>, penting <h2>, agak penting <h3>, dan seterusnya. Secara berjenjang, struktur atau urgensi penyampaian pesan heading adalah <h1>, <h2>, <h3>, <h4>, dst.

Mengatur heading halaman, salah satunya adalah mengatur header halaman agar lebih SEO friendly. Header bisa dipahami sebagai judul blog atau artikel. Tujuan pengaturan header ini adalah merubah judul blog menjadi judul artikel atau judul posting pada saat halaman posting dibuka. Sebagai contoh, saat membuka halaman Trik Mudah SEO, maka halaman tersebut mestinya memiliki <h1> Trik Mudah SEO. Pemahaman pada konteks inia dalah menyampaikan pesan kepada robot mesin penelusuran bahwa kalimat Trik Mudah SEO adalah sangat penting. Dengan demikian, saat pengguna memasukkan queri trik mudah seo, halaman tersebut akan diprioritaskan sebagai nominasi pada hasil penelusuran. Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur header halaman agar lebih SEO Friendly.
1.    Buka template blog Anda, kemudian klik Edit HTML.
2.    Cari kode <h1 class='title'>, di bawah kode tersebut terdapat kode <b:include name='title'/>.
3.    Kemudian ganti kode <b:include name='title'/> tersebut dengan kode di bawah ini:
<b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
<b:include name='title'/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
4.    Setelah selesai, klik Simpan Template.
Setelah pengaturan headir selesai, trik mudah SEO selanjutnya adalah mengatur heading pada judul artikel agar menjadi <h2>. Secara default, heading judul halaman pada template yang disediakan oleh blogger dalam posisi <h3>, oleh karena itu, perlu diubah menjadi <h2> agar memberikan informasi pada robot mesin pencari bahwa bagian ini penting. Misalnya, saat membuka halaman Trik Mudah SEO, maka robot mesin pencari akan menerima informasi bahwa kalimat Trik Mudah SEO adalah penting. Dengan demikian, saat pengguna memasukkan queri kata kunci trik mudah seo, maka robot mesin pencari akan menerima informasi bahwa halaman tersebut memiliki pokok bahasan penting Trik Mudah SEO. Berikut ini langkah-langkah mengatur heading judul artikel atau posting agar lebih SEO Friendly sehingga sebuah artikel akan menempati posisi SERP (Search Engine Result Page) terbaik pada hasil penelusuran mesin pencari untuk kata kunci tertentu.
1.    Pada Edit HTML, cari kode h3.post, pastikan kode tersebut tidak disetai dengan kode mobile. Semua kode h3.post tanpa embel-embel kode mobile diganti dengan kode h2.post. Tetapi jika kode tersebut ada embel-embel mobile, biarkan tetap pada posisi h3.post.
2.    Selanjutnya cari kode <h3 class='post. Ganti semua kode tersebut dengan kode <h2 class='post. Perlu diperhatikan adalah saat mengganti kode tersebut, jangan lupa juga mengganti tag penutup </h3>, biasanya berada beberapa baris di bawah kode <h3 class='post menjadi </h2>. Jika sudah diganti semua, klik Simpan Template.
Setelah mengatur heading pada judul blog, Anda perlu mengatur heading pada judul widget. Secara default, judul widget memiliki heading </h2>, karena urgensi informasi judul widget kalah penting dibanding judul blog, maka perlu diubah menjadi <h3. Untuk mengubah judul widget tersebut, langkah yang harus dilakukan adalah:
1.    Mencari id widget dapat dilakukan dari Layout atau Tata letak dashboard blog Anda, kemudian klik edit pada widget Anda yang akan diubah headingnya. Akan muncul Jendela widget editor, pada bagian akhir URL widget tersebut terdapat id widget Anda. Misalnya, Anda akan mengubah heading widget Blog Archive, maka untuk menentukan ID widgetnya dapat dilihat gambar di bawah ini.



Id widget BlogArchive1 tampak pada bagian akhir URL widget, lihat dalam lingkaran merah gambar di atas. Copy id Widget tersebut.
2.    Setelah menemukan id widget yang akan diubah headingnya, sekarang kembali ke Template, pilih Edit HTML, kemudian gunakan ctrl+F kemudian cari <b:widget id='IdWidgetAnda'. Contoh, <b:widget id='BlogArchive1'
3.    3-4 baris dibawah kode tersebut, terdapat kode <h2><data:title/></h2> atau <h2 class='title'><data:title/></h2>. Jika tidak terlihat, klik tanda panah hitam di sebelah kiri widget yang akan diubah, akan muncul kemudian klik sekali lagi tanda panah hitam yang letaknya di sebelah bawah kiri widget dimaksud. Lihat Gambar.

4.    Ganti kode <h2 dan </h2>tersebut menjadi <h3 dan </h3>. Jika semua heading widget sudah diubah, klik Simpan Template.
Trik mudah SEO untuk pengaturan heading halaman sudah selesai. Kini halaman Anda sudah memiliki struktur heading SEO friendly.
Setting Pengubahan Arah Feed Pada Feedburner Merupakan Trik SEO Penting
Langkah selanjutnya adalah mengatur pengubahan arah feed ke feedburner. Feedburner merupakan satu layanan situs agregasi yang disediakan gratis oleh google untuk mempublikasikan feed atau umpan sebuah web. Secara default blog berplatform blogger atau blogspot memiliki feed seperti http://bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default atau http://bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss. File tersebut dibuat dalam format xml sehingga tidak bisa diakses serta dibaca oleh pengguna atau pelanggan Anda. Melalui layanan feedburner, feed default pada blogspot bisa diagregasikan dan diakses oleh pengguna. Oleh karena itu, agar bisa mengaktifkan layanan agregasi feedburner, maka harus dilakukan pengubahan arah, dari url feed di atas menjadi http://feeds.feedburner.com/NamaBlogAnda. Pengubahan arah tersebut dilakukan melalui setting feedburner, kemudian melakukan redirect url feed. Untuk melakukan setting pengubahan arah feedburner bisa dilihat pada artikel Setting Pengubahan Arah Feed Default Pada Blogger.
Menampilkan Informasi Author Pada Hasil Pencarian Google Sebagai Bagian Dari Trik SEO
Trik SEO pada pokok bahasan ini adalah menampilkan informasi author pada hasl penelusuran Google Search Engine. Informasi author adalah informasi tentang penulis suatu blog. Jika suatu blog menampilkan informasi penulis akan mendapatkan penilaian bahwa blog tersebut memiliki penulis atau pencipta yang jelas dan bertanggung jawab, yang ditunjukkan dengan memasang informasi tersebut. Google, sebagai mesin pencari terbesar, tentu akan memprioritaskan blog dengan informasi penulis atau pencipta jelas. Oleh karena itu, sebagai bagian dari trik mudah SEO, menampilkan informasi author pada hasil pencarian Google Search Engine adalah langkah penting, sebaiknya tidak diabaikan. Sebagai gambaran bagaimana informasi author ditampilkan pada hasil pencarian bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Untuk menampilkan informasi author atau author rich snippets pada hasil penelusuran Google Search Engine tidaklah sulit. Syarat utama agar memiliki informasi author adalah memiliki akun GooglePlus, sedangkan langkah-langkah pengaitan akun GooglePlus tersebut adalah sebagai berikut:
1.    Buat link seperti di bawah ini, dan letakkan di bawah tag <head>
<link href=''https://plus.google.com/ID Profil G+ Anda' rel='author'/>
Contoh:
<link href='https://plus.google.com/106394135756718637326' rel='author'/>
ID profil G+ bisa didapatkan dengan login ke https://plus.google.com menggunakan akun google Anda, kemudian pilih Profile, dan copy deretan kode angka pada address bar browser Anda.



2.    Tambahkan backlink timbal balik dari profil G+ Anda ke blog atau situs tersebut.
1.    Masuk ke https://plus.google.com menggunakan akun google Anda, lalu pilih Profile.
2.    Pilih About atau Tentang
3.    Pada bagian Link atau Tautan, klik Edit
4.    Pada bagian Contributor to, klik Add custom link atau Tambahkan tautan khusus
5.    Beri judul pada bagian label, kemudian masukkan URL blog Anda
Author informasi telah terpasang, Anda bisa melakukan pengecekan di http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets. Masukkan URL blog Anda kemudian klik preview. Sekarang author rich snippets Anda telah terpasang, tinggal menunggu robot mesin pencari untuk melakukan perayapan blog Anda.
Tambahkan Tombol +1 Untuk Mengoptimalkan Trik SEO
Tombol +1 Google bukanlah sekedar tombol vote biasa seperti like pada Facebook atau tweet pada Twitter. Tombol +1 GooglePlus memiliki kelebihan lain yaitu akan merekomendasikan blog yang telah diberi +1 kepada orang lain, dalam hal ini adalah teman dari pemberi +1. Bayangkan jika blog kita mendapatkan ribuan +1, berarti blog kita telah direkomendasikan kepada teman dari ribuan orang yang memberikan vote +1. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai cara memasang tombol +1 dan pengaruhnya terhadap hasil penelusuran Google, silahkan kunjungi artikel kami Pengaruh +1 Terhadap Hasil Penelusuran Google Search Engine.
Membuat Sitemap Halaman Atau Daftar Isi Blog
Sitemap Halaman atau Daftar Isi Blog akan memudahkan pengguna menemukan konten atau artikel sebuah blog atau situs. Karena berperan dalam membatu pengguna untuk mencari informasi , maka pembuatan Daftar Isi secara tidak langsung juga berperan sebagai navigasi sebuah blog atau situs. Oleh karena fungsi tersebut, blog yang memiliki Daftar Isi akan lebih disukai oleh mesin telusur, sehingga menjadi salah satu bagian dari trik mudah SEO. Cara membuat daftar isi blog cukup sederhana dan tidak memakan banyak waktu. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat sitemap halaman atau daftar isi blog.
1.    Buka blogger Anda, kemudian pilih Pages atau Laman.
2.    Pilih New page atau Laman baru, kemudian pilih Blank page atau Laman kosong.
3.    Ada dua mode pembuatan konten, yaitu Compose dan HTML, pilih mode HTML
4.    Pilih dan salin salah satu kode di bawah ini, kemudian paste pada halaman tersebut.

Kode Daftar Isi Blog Berdasarkan Tanggal

<div style="overflow:auto; border: 1px solid #000000; margin: auto; padding: 3px; width: 85%; height:500px; background-color: none; text-align: left;">
<script type="text/javascript" src="http://yourjavascript.com/481101311847/javascript-daftar-isi.js"></script>
<script src="http://bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script></div>

Kode Daftar Isi Blog Berdasarkan Label

<div style="overflow:auto; border: 1px solid #000000; margin: auto; padding: 3px; width: 85%; height:500px; background-color: none; text-align: left;">
<script type="text/javascript" src="http://yourjavascript.com/124703183101/script-daftar-isi.js"></script>
<script src="http://bloganda.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script></div>
5.    Ganti teks berwarna merah dengan nama url blog Anda, kemudian simpan page atau laman tersebut. Cek apakah script bisa bekerja dan menampilkan daftar isi blog Anda.
Daftar isi telah tersedia, sekarang tinggal membuat link ke URL laman daftar isi tersebut agar bisa diakses dari blog.
Trik SEO Dengan Pengaturan File robots.txt
File robots.txt berfungsi untuk membatasi halaman atau folder agar diijinkan atau tidak diijinkan dirayapi oleh robot mesin telusur. Pada dasarnya, robot mesin telusur akan merayapi semua halaman pada blog Anda, namun, sebelum robot mesin telusur bekerja, terlebih dahulu akan melihat perintah apakah ada pencegahan perayapan pada URL tertentu atau tidak.

Agar penerapan trik SEO lebih efektif, sebaiknya juga melakukan pengaturan terhadap cara perayapan robot mesin telusur merayapi blog kita. Hal ini terutama digunakan untuk membatasi halaman-halaman atau folder berpotensi menimbulkan duplikat konten, seperti folder label maupun archive agar tidak dirayapi oleh mesin telusur. Pengaturan cara robot mesin penelusuran merayapi blog kita, dapat dilakukan dengan memanfaatkan file robots.txt. Oleh karena itulah, pengaturan file robots.txt merupakan trik strategis dalam memenangkan persaingan SERP (Search Engine Result Page). Bagaimana cara membuat file robots.txt dan menentukan parameter atau kriteria terhadap pembatasan halaman agar tidak dirayapi mesin telusur? Silahkan Anda buka lebih lanjut uraian singkat mengenai file robots.txt pada artikel Cara Menggunakan File Robots.txt.
Trik Mudah SEO dengan Menerapkan Teknik Optimasi Offpage
Seperti telah dibahas di atas, trik optimasi SEO offpage adalah sebuah upaya untuk meningkatkan posisi blog kita pada hasil penelusuran mesin pencari atau Search Engine. Untuk memulai langkah optimasi SEO offpage diawali dengan mendaftarkan blog ke berbagai mesin pencari mupun web direktori. Hingga saat ini, 60% pengguna melakukan pencarian informasi melalui Google Search Engine, oleh karena itu, kita harus mendaftarkan blog kita ke mesin penelusuran Google ini. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan melalui PING. PING, merupakan layanan yang memungkinkan mesin pencari mengetahui keberadaan blog kita. Untuk mendaftarkan blog melalui fasilitas PING Google, silahkan kunjungi http://blogsearch.google.com/ping. Masukkan URL blog Anda, kemudian klik Submit Blog. Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan blog Anda ke beberapa penyedia PING, salah satunya, paling mudah digunakan adalah, http://pingomatic.com. Masukkan judul blog Anda dan alamat URLnya. Anda juga diberi pilihan untuk memasukkan alamat RSS, tapi kolom ini bisa dikosongkan saja. Pilih layanan sesuai keinginan, atau bisa juga memilih semuanya, dengan mingklik Check All, setelah itu klik Send Pings. Langkah optimasi SEO offpage selanjutnya adalah meninggalkan backlink dari berbagai situs sosial, forum-forum sosial, maupun situs bookmark sosial. Situs-situs tersebut dapat Anda cari sendiri di Google Search Engine.
Gunakan Jejaring Sosial GooglePlus Untuk Meningkatkan Optimasi SEO Offpage Anda
GooglePlus bukan merupakan jejaring sosial biasa. Situs milik Google ini mempunyai segudang kelebihan untuk mempromosikan halaman kita. Perlu diperhatikan, saat membagikan posting di GooglePlus usahakan untuk tidak terlalu cepat dan dilakukan secara berulang-ulang, karena akan dianggap sebagai spam oleh Googleplus ini. Jika Anda seorang pemula dalam jejaring sosial GooglePlus, bisa membaca artikel panduan, Cara Mudah Menggunakan Google Plus. Jejaring sosial ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan efektifitas SEO Offpage Anda jauh melebihi jeraring sosial atau forum-forum sosial lain.
Bagian Utama Trik Mudah SEO, Buat Artikel Menarik dan Asli
Inilah bagian utama dari trik mudah SEO paling penting harus dilakukan, tidak boleh ditinggalkan. Sebaik apapun menerapkan trik optimasi onpage maupun offpage tetapi jika artikel-artikelnya tidak menarik, tidak unik, bahkan bukan hasil karya sendiri, atau hasil copy paste dari blog lain, bahkan hanya menyalin dari konten-konten berhak cipta, bisa dipastikan artikel tersebut tidak akan memenangkan persaingan di papan atas hasil penelusuran mesin pencari google. Artikel menarik dan berkualitas akan meningkatkan kredibilitas dan reputasi blog itu sendiri, apalagi jika didukung dengan kualitas author yang baik, bisa dipastikan artikel-artikel kita akan melesat di papan atas hasil penelusuran mesin pencari google. Oleh karena itu, sebagai blogger, sekecil apapun harus memiliki kemampuan dan kemauan untuk menulis. Gunakan kreatifitas dan imajinasi untuk menghasilkan ide-ide hebat sehingga konten menjadi semakin menarik.

Buatlah konten artikel menarik, serta mempertimbangkan kebutuhan informasi pengguna. Buatlah komposisi ideal dengan memasukkan beberapa frase kata kunci dalam blog Anda. Tetapi perlu diingat, jangan berlebihan dalam memasukkan frase kata kunci, karena hal itu justru akan dianggap spam oleh google. Selain itu, dalam memasukkan frase kata kunci juga harus mempertimbangkan relevansi kalimat atau materi dalam konten Anda. Jangan terlalu memaksakan diri untuk memasukkan kata kunci karena hal ini akan membuat konten Anda berantakan. Komposisi ideal, tidak lebih dari 4% suatu frase kata kunci dimasukkan dalam konten artikel Anda. Sebagai contoh, pada artikel ini tingkat kerapatan frasa kata kunci trik SEO cukup tinggi, namun tidak terlalu berlebihan, karena masih dalam kisaran angka di bawah 3%. Meskipun masih di bawah 3%, tetapi hal ini telah cukup memberikan informasi kepada robot mesin telusur, bahwa konten ini berisi materi-materi tentang trik SEO. Dengan demikian, saat pengguna memasukkan queri kata kunci trik seo, maka robot mesin telusur akan merayapi halaman ini dan menemukan bahwa halaman ini berisi materi sesuai queri pengguna, yaitu trik SEO.

Jadi, secara sederhana kami telah menggambarkan beberapa kriteria untuk membuat artikel menarik, mempertimbangkan kebutuhan informasi pengguna, serta memasukkan beberapa frasa kata kunci agar lebih SEO Friendly.

Demikian informasi terbaik kami sajikan, semoga artikel Trik Mudah Seo, Cara Optimasi Blog Anda, bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya, Salam Tanijogonegoro

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1876933177057504259#editor/target=post;postID=5371994158039169114
close

DMC