CONTOH PROPOSAL KELOMPOK TANI Permohonan Bantuan hand Tractor

KELOMPOK TANI (POKTAN)
“MITRA MUKTI”
DESA SINDANGRAJA KECAMATAN JAMANIS
Alamat : Kp. Nagrak Desa Sindangraja Kecamatan Jamanis – Tasikmalaya

Nomor
Lampiran
Perihal : 01/KT-M2/SDR/VII/2013
: 1 (satu) berkas
: Permohonan Bantuan hand Tractor


Tasikmalaya, 22 Juli 2013
Kepada Yth.
Bapak Bupati Tasikmalaya
Di
TASIKMALAYA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Teriring do’a kami sampaikan semoga Bapak dalam keadaan sehat wal’afiyat dan sukses dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Amin. Proposal  Buka  Puasa Bersama
Selanjutnya kami sampaikan, bahwa salah satu hambatan yang paling dirasakan kelompok tani dalam pelaksanaan usaha tani padi khususnya adalah kesulitan tenaga kerja pengolahan tanah pada saat menjelang musim tanam. Seperti dimaklumi bahwa luas areal sawah di lingkungan kelompok cukup luas, sedangkan waktu pengolahan tanah terbatas untuk mengejar musim tanam.
Karena keterbatasan modal kelompok, sampai saat ini alat mesin pengolah tanah (Hand Traktor) yang dibutuhkan belum ada, sehingga ada ketergantungan terhadap penyediaan jasa pengolah tanah dari luar wilayah -
Untuk mengatasi kesulitan tersebut, kami memohon kepada Bapak Bupati agar sudi kiranya membantu kami dalam pengadaan alat mesin pengolah tanah (hand Tractor)tersebut. Kami sangat berharap Bapak dapat memberikan bantuan Hand Traktor kepada kelompok kami yang saat ini sangat memerlukan.
Demikian permohonan ini, kami ajukan kehadapan Bapak. Semoga Bapak dapat mengabulkannya. Atas perhatian Bapak sebelumnya kami haturkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

PPl Wilbin Desa Sindangraja



USEP WAHYUDIN
Ketua Kelompok Tani Mitra Mukti


ASEP DENI

Mengetahui dan menyetujui,

Koordinator Penyuluh BP3K Kec. Jamanis




WAWAN SETIAWAN, SP
Nip. 1968021119930311004 Pelaksana Tugas Teknis Dinas Pertanian
Kec. Jamanis



ASEP JAMALUDIN
Nip. 1973120720088011002

Kepala UPTD Pertanian Kec. Jamanis


Ir. Fetty Febriany, M.Si
Nip. 196602241994032001 Kepala Desa Sindangraja
RAHMAT
Camat Jamanis
....................................................
Nip. ............................................
Tembusan disampaikan kepada :
1. yth. Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kab. Tasikmalya

KELOMPOK TANI (POKTAN)
“MITRA MUKTI”
DESA SINDANGRAJA KECAMATAN JAMANIS
Kp. Nagrak Desa Sindangraja Kecamatan Jamanis – Tasikmalaya


Nomor
Lampiran
Perihal
: 01/KT-M2/SDR/VII/2013
: 1 (satu) berkas
: Permohonan Bantuan Hand Tractor
Tasikmalaya, 22 Juli 2013
Kepada Yth.
Bapak Gubernur Jawa Barat
Cq. Kepala Dinas Pertanian Jawa barat
Di
BANDUNG


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Teriring do’a kami sampaikan, seemoga Bapak senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiyat dan sukses dalam menjalankan tugas sehari-hari. Amin
Selanjutnya kami sampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani, kami kelompok Tani ”Mitra Mukti” mengusulkan bantuan ”Hand Traktor”
Dalam rangka ikut serta dalam pelaksanaan pembangunan pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani beserta keluarga, kami kelompoktani “Mitra Mukti” Desa Sindangraja, Kec. Jamanis sedang melaksanakan aktifitas yang berkaitan dengan peningkatan produksi pangan di wilayah kami.
Salah satu hambatan yang paling dirasakan kelompok tani dalam pelaksanaan usaha tani padi khususnya adalah kesulitan tenaga kerja pengolahan tanah pada saat menjelang musim tanam. Seperti dimaklumi bahwa luas areal sawah di ingkungan kelompok cukup luas, sedangkan waktu pengolahan tanah terbatas untuk mengejar musim. Disamping itu pengolahan tanah harus diusahakan serempak agar tanam dapat dilakukan secara serempak serta untuk menghindari keterlambatan tanam.
Karena keterbatasan modal kelompok, sampai saat ini alat mesin pengolah tanah (Hand Traktor) yang dibutuhkan belum mampu dimiliki oleh kelompok, sehingga kelompok memiliki ketergantungan terhadap penyediaan jasa pengolah tanah dari luar wilayah. Disamping itu, beberapa areal sawah di wilayah kelompok kami sering mengalami keterlambatan tanam.
Untuk mengatasi kesulitan tersebut, kami memohon melalui Bapak Gubernur agar sudi kiranya membantu kami dalam pengadaan alat mesin pengolah tanah tersebut. Melalui Proposal sederhana ini (terlampir), kami sangat berharap Bapak Gubernur dapat mengalokasikan bantuan Hand Traktor kepada kelompok kami yang saat ini sangat kami perlukan.
Demikian permohonan ini, kami ajukan kehadapan Bapak Gubernur. Kami sangat berharap Bapak dapat memperhatikan permohonan kami. Atas perhatian Bapak sebelumnya kami haturkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kelompok Tani Mitra Mukti
Ketua

ASEP DENI

Mengetahui,
Kepala UPTD
..............................................................
Nip.......................................................... Kepala Desa Sindangraja
RAHMAT
Baca Juga : CONTOH PROPOSAL 17 AGUSTUS
I. PENDAHULUAN

Latar Belakang.
Kelompok tani Mitra Mukti yang berlokasi di dusun Nagrak Desa Sindangraja Kec. Jamanis, saat ini sedang giat berupaya melaksanakan pembangunan pertanian untuk menunjang peningkatan masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera adil dan makmur. Upaya ini dilaksanakan tiada lain karena masyarakat wilayah kami umumnya bermata pencaharian sebagai petani. Dengan meningkatkan tarap hidup petani beserta keluarganya kami berharap kesejahtaraan penduduk wilayah kami akan meningkat pula.
Upaya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan penyelenggaraan yang sedang kami laksanakan saat ini banyak menemui kendala di lapangan, antara lain keterbatasan kepemilikan sarana produksi terutama yang harganya cukup mahal, antara lain Alat Mesin Pertanian ALSINTAN yang sangat kami butuhkan saat ini adalah alat mesin pengolah tanah Hand Traktor.
Alat mesin pengolah ini sangat kami butuhkan karena kelompok kami seringkali mengalami kesulitan ketika menghadapi musim tanam padi tiba. Pengolahan tanah yang seharusnya dilaksanakan dalam waktu bersamaan tidak biasanya kami laksanakan karena tenaga kerja pengolahan tanah cukup terbatas. Akibatnya beberapa areal sawah sering mengalami keterlambatan tanam sehingga tanam tidak serempak.
Luas areal sawah yang dikuasai oleh kelompok kami cukup luas, yaitu kurang lebih 30 Ha dimana lahan seluruhnya ini sulit sekali diolah dalam wakyu bersamaan akibat keterbatasan tenaga kerja pengolahan tanah yang ada. Sehingga untuk membantu menyeragamkan waktu pengolahan tanah petani harus mendatangkan para pengusaha jasa pengolahan tanah dai luar wilayah.
Untuk membantu anggota kelompok tani terutama, dalam megatasi kesulitan pengolahan tanah pada setiap musim tanam tiba, dibutuhkan jalan keluar antara lain melalui pengadaan alat mesin partanian (Hand traktor), sehingga waktu pengolahan tanah bisa dipercepat.
Alat mesin pengolah tanah (Hand traktor) ini belum mampu dimiliki secara swadaya oleh kelompok karena harganya relatif mahal sedangkan modal yang dipunyai oleh kelompok saat ini masih sangat terbatas. Untuk itu melalui proposal ini, kelompok kami berusaha untuk mendapatkan bantuan alat mesin pengolah tanah tersebut dari pemerintah agar kelompok tani dapat mengelola dan mengoperasikan alat tersebut secara mandiri. Melalui bantuan Hand traktor ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan anggota dalam melaksanakan pengolahan tanah pada areal yang cukup luas dalam waktu relatif singkat (seragam) serta tidak tergantung lagi terhadap penyediaan jasa pengolahan tanah dari luar wilayah.
Potensi Kelompok tani
Jumlah anggota kelompok tani Mitra Mukti saat ini berjumlah 148 orang diantaranya merupakan anggota aktif. Anggota kelompok tani umumnya mengandalkan padi sawah sebagai tumpangan hidup utama. Disamping itu, anggota kelompok banyak pula yang mengusahakan lahan darat melalui berbagai usaha tani tanaman hutan maupun sayuran dan palawija.
Luas sawah yang ada di lingkungan kelompoktani Layungsari saat ini adalah 30 Ha, dimana sebagian besar merupakan lahan sawah tadah hujan. Secara umum lahan sawah yang ada biasanya dapat ditanami padi lebih dari satu kali dalam satu tahun, bahkan jika kondisi iklim menunjang dapat ditanami padi sampai tiga kali dalam satu tahun.

Kegiatan Kelompok
Berbagai jenis kegiatan saat ini sedang dilaksanakan oleh kelompok tani Mitra Mukti dimana kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan melalui bentuan pemerintah maupun swadaya anggota kelompok.
Kegiatan-kegiatan yang saat ini sudah berjalan di kelompoktani Mitra Mukti antara lain:
1. Pertemuan Dua Mingguan
Pertemuan dilaksanakan satu bulan dua kali, yaitu dilaksanakan pada tiap hari Selasa minggu kedua dan ke empat pada bulan yang bersangkutan. Pertemuan dilaksanakan di kelompok tani.
2. Pelaksanaan demplot
Demonstrasi dan percontohan yang sedang dilaksanakan saat ini adalah praktek PTT secara swadaya di beberapa anggota kelompok yang mencapai luas lebih kurang 2 Ha.


II. TUJUAN DAN SASARAN

Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dari pengadaan alat mesin pertanian pengolah tanah antara lain:
1) Memberdayakan kelompok agar memiliki kemampuan dalam mengelola dan mengoperasikan alat mesin pengolah tanah (Hand traktor) secara mandiri.
2) Membantu anggota kelompoktani dalam mengatasi kesulitan pelaksanaan pengolahan tanah setiap musim tanam tiba.
3) Mengurangi ketergantungan terhadap penyediaan jasa pengolahan tanah dari luar kelompok tani.
4) Meningkatkan produktivitas usaha tani.


Sasaran
Sarana kegiatan pengadaan alat mesin pengolah tanah (Hand traktor) ini akan diupayakan agar mampu mencakup seluruh areal sawah yang dikuasai oleh anggota kelompok yang seluruhnya seluas 30 Ha pada setiap musim tanam. Hand traktor diupayakan mampu menjangkau seluruh anggota kelompok yang memerlukan jasa pengolahan tanah.

III. PROFIL KELOMPOKTANI MITRA MUKTI

Organisasi Kelompok
Kelompoktani Mitra Mukti berdiri pada tahun 1995 dengan diprakarsai oleh beberapa orang sesepuh tani kampung Nagrak Desa Sindangraja. Kelompok ini dibentuk atas dasar keinginan anggota masyarakat khususnya para petani untuk memiliki wadah yang bisa memfasilitasi kepentingan para petani terutama dalam memfasilitasi komunikasi dengan pihak-pihak terkait serta memfasilitasi sarana pertanian.
Untuk itu para petani di dusun Nagrak Desa Sindangraja sepakat mengikatkan diri dalam wadah kelompok yang diberi nama kelompok Tani Mitra Mukti. Melalui kelompok ini diharapkan kepentingan segenap anggota terutama dalam kaitan dengan penyelenggaraan usaha tani dapat terakomodasi.
Kepengurusan kelompok tani Mitra Mukti merupakan hasil musyawarah para anggotanya dimana di dalamnya terdapat para tokoh dan sesepuh kampung. Adapun susunan kepenguruan kelompoktani samapai saat ini adalah:
Ketua : Asep Deni
Sekretaris : Anan Kuswana
Bendahara : Oson Darsono, S.Pd.I

Usaha Kelompok
Usaha kelompok yang sedang berjalan saat ini meliputi menampung gabah dari anggota kelompok tani, penyaluran penjualan pupuk organik dan anorganik yang di bayar untuk tiap musim dll

Inventaris Kelompok
Inventaris kelompok tani yang dimiliki saat ini masih sangat terbatas yaitu berupa : 2 buah hand sprayer, 10 buah cangkul dan 10 buah sabit bergerigi, 2 buah terpal, serta beberapa alat pertanian lainnya hasil swadaya anggota kelompok.

IV. RENCANA PELAKSANAAN

Waktu Pelaksanaan
Pengadaan dan operasional mesin pengolah tanah (Hand traktor) direncanakan dimulai pada musim tanam 2013, yaitu pada bulan Agustus tahun 2013. pada musim tanam 2013 diharapkan alat mesin pengolah tanah sudah mampu dioperasikan untuk membantu upaya percepatan pengolahan tanah di kelompok Mitra Mukti.

Rencana Pengolahan
Bantuan hand traktor yang akan diterima direncanakan akan dikelola secara mandiri oleh kelompok. Direncanakan seksi usaha akan membentuk unit usaha yang menangani operasional alat mesin pertanian, rencana unit usaha yang akan dibentuk terdiri dari : manajer, bendahara dan operator mesin.
Unit usaha ini akan memiliki kewenangan administerasi, keuangan, maupun teknis sepenuhnya dalam operasional alat mesin hand traktor. Unit usaha ini berkewajiban melaporkan hasil usaha secara berkala kepada pengurus kelompok tani.
Untuk kesinambungan operasional alat mesin, pendapatan yang diperoleh dari jasa pengelolaan hand traktor direncanakan akan dikelola sebagai berikut:
1) Hasil sewa 15 Ha x Rp. 1.500,- = Rp 15.750.000 A)
2) Pengeluaran solar 500 lt x Rp. 4.600,- = Rp 2.300.000 B)
(A-B)
3) Upah operator (40 % x C) = Rp 6.300.000 D)
4) Service + oli +spare part (8 % x C) = Rp.1.260.000 (E)
(C-D-E)
5) Cadangan (10 % x F) = Rp. 1.575.000 (G)
6) Manajemen (20 % x H) = Rp. 3.150.000 (I)
7) SHU (H-I) = Rp. 1.165.000 (J)
Keterangan : no 4 dan 5 jika tidak digunakan, dimasukkan dalam SHU.

Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperoleh akan digunakan sepenuhnya oleh kegiatan kelompok, terutama untuk pengembangan usaha kelompok dan diusahakan untuk penambahan alat mesin yang baru. Sehingga dalam jangka waktu tertentu diharapkan alat mesin pengolah tanah yang dimiliki akan bertambah.
Kebutuhan traktor untuk kelompoktani Mitra Mukti sebanyak 2 (dua ) buah, dengan perkiraan harga sebesar 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah).

Baca Juga : Contoh Surat Kuasa
V. PENUTUP

Pemilikan/penguasaan sarana produksi oleh kelompok sangat penting artinya dalam membantu anggota kelompok dalam melaksanakan usahatani. Saran produksi berupa alat mesin pengolah tanah (hand traktor) masih sulit oleh kelompok karena harganya relatif mahal.
Untuk tersedianya alat mesin pengolah tanah guna mengatasi kelangkaan tenaga kerja pengolah tanah serta untuk mengejar keserempakan tanam di wilayah kelompok, peran pemerintah sangat diperlukan untuk membantu menyediakan alat mesin tersebut agar dimiliki dan diusahakan oleh kelompok secara mandiri.
Disamping dapat membantu kelompok dalam percepatan pengolahan tanah, pengadaan alat mesin pengolah tanah diharapkan akan mampu memberdayakan ekonomi kelompok karena kelompok akan memiliki unit usaha untuk peningkatan modal kelompok. Melalui unit usaha jasa pengolahan tanah kelompok akan memperoleh pendapatan dari hasil operasional mesin tersebut dan diharapkan kelompok mampu menambah alat mesin yang sudah ada. Melalui usaha ini diharapkan kemandirian kelompok dapat dibangun menuju kelompoktani yang maju dan madiri.

Kelompok tani Mitra Mukti
Ketua

ASEP DENI


Bagi sahabat yang ingin mengetahui Harga Mesin Traktor silahkan kunjungi: Harga Mesin Traktor

close

DMC