MAKALAH CARA PENILAIAN DI TK


MAKALAH
Cara Penilaian di TK

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah
Evaluasi Pembelajaran

Dosen : Dra. Enung Rukiah, M.Pd







Disusun Oleh :
SANI SUMARNI
0601762




PROGRAM D-2 PGTK
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS TASIKMALAYA
2008


KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum. Wr. Wb.
Puji dan syukur penyusun panjatkan ke khadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penyusun sehingga bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “Cara Penilaian di TK”.
Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah “Evaluasi Pembelajaran TK”. Dalam penyusunan makalah ini, penyusun tidak lepas dari bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan kali ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Penyusun menyadari masih banyak kekurangan yang terdapat dalam makalah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan guna perbaikan di masa yang akan datang.
Akhir kata semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi Penyusun dan umumnya bagi pembaca. Amin…
Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.



Tasikmalaya,   April 2008


Penyusun



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR......................................................................................     i
DAFTAR ISI.....................................................................................................     ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................     1
  1. Latar Belakang.......................................................................................     1 
  2. Tujuan....................................................................................................     1
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................     2
  1. Pengertian Evaluasi................................................................................     2
  2. Maksud dan Tujuan Evaluasi.................................................................     2
  3. Prinsip-prinsip Penilaian.........................................................................     2
  4. Cara, Alat dan Prosedur Penilaian.........................................................     3
BAB III PENUTUP..........................................................................................     9
  1. Kesimpulan............................................................................................     9
  2. Saran......................................................................................................     9
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................     10
CONTOH FORMAT-FORMAT PENILAIAN DI TK


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Penggunaan istilah “evaluasi” sering kali dimaknai berbeda-beda ada “asesmen” jika berhubungan dengan praktek yang menggambarkan kemajuan anak didik dalam perkembangan dan pembelajarannya. Informasi dan asesmen akan digunakan sebagai dasar dalam mengevaluasi, misalnya evaluasi program sekolah atau di rumahnya untuk aspek proses perbedaan pengertian antara asmen dan evaluasi dapat dilihat pada uraian di bawah ini khususnya dalam konteks PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).
Setiap hari guru melakukan penilaian atau evaluasi, misalnya mempertimbangkan evektivitas suatu perencanaan program, yaitu memperhitungkan tingkat ketercapaian tujuan program atau sasaran. Penilaian semacam ini disebut penilaian reflaktif.

B.     Tujuan
Pedoman ini dimaksudkan untuk memberikan salah satu acuan bagi seorang guru dan untuk penyelenggara pendidikan di Taman Kanak-kanak dalam melaksanakan penilaian terhadap perkembangan anak didik.                    



BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Evaluasi
Evaluasi adalah proses mengumpulkan data dasar dan dasar. Dan menelaah misalnya tentang efektivitas program belajar dan pembelajaran, seperti misalnya dalam PKB (Program Kegiatan Belajar), kebijakan dan prosedur pelaksanaan PPP (Program Pembentukan Perilaku) atau PKD (Pengembangan Kemampuan Dasar).
Setara operasional mengevaluasi program pembelajaran berarti mengamati, memeriksa, meneliti maksud atau tujuan dalam merencanakan dan melaksanakan suatu kegiatan program tertentu.

B.     Maksud dan Tujuan Evaluasi
Pada umumnya maksud evaluasi itu sama, yang membuatnya berbeda adalah tujuannya. Misalnya maksud mengakses perkembangan bahasa sastra anak didik. Dalam proses pembelajaran anaknya di TK, atau dalam ikut menjamin kualitas lembaga pendidikan TK, semuanya bermuara pada maksud yang sama yaitu ikut menyumbang meningkatkan proses dan hasil belajar anak dan pembelajarannya di TK. (Jhonson: 1989).
Menjadi tanggungjawab pendidik untuk selalu mengevaluasi kegiatannya di TK, baik dalam rangka maksud umum tersebut maupun maksud, khusus dalam evaluasi keseluruhan program TK.

C.    Prinsip-prinsip Penilaian
1.      Terencana
Penilaian dilakukan secara terencana sesuai dengan aspek perkembangan yang akan dinilai.
2.      Sistematis
Penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram.
3.       Menyeluruh
Penilaian mencakup semua aspek perkembangan anak baik moral dan nilai-nilai agama sosial-emosional, kemandirian, berbahasa, kognitif, fisik motorik, seni.
4.      Berkesinambungan
Penilaian dilakukan secara bertahap dan terus-menerus untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan pendidikan.
5.      Obyektif
Penilaian dilaksanakan terhadap semua aspek perkembangan sebagaimana adanya.
6.      Mendidik
Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasar untuk memotivasi dan mengembangkan anak didik secara optimal
7.      Kebermaknaan
Hasil penilaian harus mempunyai arti dan bermanfaat bagi guru, orang tua, anak didik dan pihak lain.

D.    Cara, Alat dan Prosedur Penilaian
Penilaian dilaksanakan berdasarkan gambaran/informasi tentang perkembangan anak didik yang diperoleh dengan penilaian tertentu. Di dalam pedoman ini disajikan tiga bentuk penialaian yang merupakan alternatif pilihan yang dapat digunakan guru untuk menilai perkembangan anak didik.
a.       Penilaian dengan menggunakan simbol
1.      Cara Penilaian
Dalam melaksanakan penilaian dengan menggunakan simbol guru dapat memakai cara penilaian berupa:
    1. Observasi
Observasi adalah cara pengumpulan data melalui pengamatan langsung terhadap sikap, perilaku, dan berbagai kemampaun yang ditunjukan anak.

    1. Catatan Anekdot
Catatan anekdot adalah cara pengumuplan data melalui pengamatan langsung tentang sikap dan perilaku anak yang muncul secara tiba-tiba peristiwa yang terjadi secara insidental.
    1. Percakapan
Percakapan adalah cara pengumpulan data melalui interaksi lisan untuk mendapatkan informasi tentang pengetahuan atau penalaran anak mengenai sesuatu hal.
    1. Penugasan
Penugasan adalah cara pengumpulan data berupa pemberian tugas yang harus dikerjakan anak didik dalam waktu tertentu baik secara perorangan maupun kelompok.
    1. Unjuk Kerja
Unjuk kerja adalah cara pengumpulan data yang menuntut anak didik untuk melakukan tugas dalam perbuatan yang dapat diamati misalnya praktek menyanyi, olahraga, memperagakan sesuatu. Cara-cara penilaian di atas dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan terintegrasi dengan metode pembelajaran
2.      Alat Penilaian
Alat penilaian yang digunakan adalah
    1. SKH (Satuan Kegiatan Harian).
    2. Format catatan anekdot.
3.      Prosedur Penilaian
a.       Guru melaksanakan penilaian dengan mengacu pada kemampuan (indikator) yang hendak dicapai dalam satu satuan kegiatan yang direncanakan dalam tahapan waktu tertentu dengan memperhatikan prinsip penilaian dilakukan seiring dengan kegiatan pembelajaran dan kegiatan bermain berlangsung guru dapat sekaligus melaksanakan penilaian dalam pelaksanaan penilaian sehari-hari. Guru menialai kemampuan (indikator) semua anak yang hendak dicapai seperti yang telah diprogramkan dalam satuan kegiatan harian (SKH).
b.      Cara pencatatan hasil penialain harian dilaksanakan sebagai berikut:
1.      Catatlah hasil penialaian pada kolom penialain perkembangan anak dalam satuan kegiatan harian (SKH).
2.      Anak yang belum mencapai indikator seperti diharapkan dalam SKH atau dalam melaksanakan tugas selalu dibantu guru maka pada kolom penilaian dituliskan nama anak dan diberi tanda buletan kosong (0).
3.      Anak yang sudah melebihi indikator yang tertuang dalam SKH atau mampu melaksanakan tugas tanpa bantuan secara tepat/cepat/lengakp/benar, maka pada kolom penilaian ditulisakan nama anak dan tanda bulatan penuh (·)
4.      jika semua anak menunjukan kemampaun sesuai dengan indikator yang tertuang dalam SKH, maka pada kolom penilaian dituliskan kata “Semua Anak” dengan tanda ceklis (P) misal semua anak P.  
4.       Hasil catatan penialain yang ada dalam satuan kegiatan harian (SKH) dirangkum dan dipindahkan ke dalam format rangkuman penialain perkembangan anak didk TK.
a.       Apabila hasil penilaian pada perkembangan anak dalam 1 bulan pada SKH. Lebih cenderung memperoleh bulatan penuh maka hasilnya akan dipindahkan bulatan penuh padarangkuman bulanan dengan selalu memperlihatkan proses perubahan perilaku dan kemampuan dalam pembelajaran.
Contoh:      
˜  ˜  ˜  ˜  ®  ˜
  ˜  ˜  ˜  ®  ˜
  P  ˜  ˜  ®  ˜

  P  P  ˜  ®  ˜
P  P  ˜  ˜  ®  ˜
P  ˜  ˜  ˜  ®  ˜
  ˜  P  ˜  ®  ˜
b.      Apabila hasil penilaian pada perkembangan anak dalam 1 bulan pada SKH (lebih cenderung memperoleh bulatan kosong maka hasilnya akan dipindahkan bulatan kosong maka hasilnya akan dipandang bulatan kosong pada rangkuman bulanan.
Contoh:
    ®    
P    ® 
P  P   ® 
˜ P   ® 
P P    ® 
P ˜   ® 
c.       Apabila hasil penilaian pada perkembangan anak dalam 1 bulan pada SKH lebih cenderung seimbang perolehan bulatan penuh dan bulatan kosong maka hasilnya berupa tanda ceklia (P) yang kemudian dipindahkan ke rangkuman bulanan.
Contoh:
P P P P®P
P P P®P
P P®P
˜P P®P
˜P P®P
˜P®P
˜˜®P
˜˜®P
˜˜®P
d.      Data dan buku rangkuman selama satu semester dianalisis dan disimpulkan untuk menerapkan gambaran perkembangan anak yang dideskripsikan ke dalam laporan penilaian.

Catatan:
§  Hasil catatan penilaian yang ada dalam satuan kegiatan harian (SKH) dirangkum dan dipindahkan ke dalam satu format rangkuman penilaian yang mencakup bulanan dan semester.
§  Untuk menunjukan ketercapaian indikator. Selesai menggunakan simbol bulatan penuh, kosong dan cekug, guru dapat menggunakan simbol lain seperti simbol bintang (* = , ** = P, *** = ˜)
§  Contoh format rangkuman penialain perkembangan anak didik TK kelompok A dan B dapat dilihat pada lampiran 8.

b.                  Penilaian dengan menggunakan fortopolio
1.      Cara Penilaian
Dalam melaksanakan penilaian dengan fortofolio guru dapat menggunakan cara penilaian berupa:
Observasi, catatan anekdot (aneccatal record), percakapan, penugasan, unjuk kerja, selain itu juga kumpulan hasil karya anak.
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung tetapi menggunakan format/alat penilaian tersendiri, guru harus mengisi format sesuai dengan SKH yang diprogramkan.
2.      Alat Penilaian
Alat penilaian fortopolio dapat menggunakan format-format sebagai berikut:
a.       Format observasi (lampiran 2)
b.      Format catatan anekdot (lampiran 3)
c.       Format percakapan (lampiran 4)
d.      Format penugasan (lampiran 5)
e.       Format unjuk kerja (lampiran 6)
3.      Prosedur Penilaian
a.       Guru melihat SKH yang dibuat dalam satu hari pembelajaran.
b.      Guru mengklasifikasi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di kelas.
Contoh: percakapan, penugasan, ujuk kerja, dan lain-lain.
c.       Guru menyiapkan format-format penilaian sesuai dengan kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam SKH.
d.      Dalam mempersiapkan format penilaian guru mementukan waktu kegiatan pembelajaran dan aspek yang dinilai.
e.       Guru menuliskan hasil penilaian ke dalam format-format penilaian.
f.       Setiap hasil karya anak dideskripsikan oleh guru pada lembar hasil karyanya.
g.      Guru mendokumentasikan inerganalisis dan menyimpulkan hasil penilaian berikut berbagai deskripsi hasil karya anak didik ke dalam format rangkuman penilaian (lampiran 1).
Setelah satu semester guru merangkum hasil penilaian perkembangan anak secara keseluruhan kemudian dinarasikan dan dituangkan ke dalam BLP (Buku Laporan Perkembangan Anak).



BAB III
 PENUTUP


A.    Kesimpulan
Penilaian merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran, karena melalui penilaian guru dapat mengetahui perkembangan anak secara keseluruhan dan berkesinambungan melalui penilaian ini guru mendapatkan umpan balik untuk menyempurnakan proses pembelajaran berikutnya.
Makalah ini disusun untuk dijadikan acuan bagi para guru dan penyelenggara pendidikan dalam melaksanakan penilaian pendidikan di TK dengan melaksanakan penilaian secara benar sesuai prinsip-prinsip penilaian, diharapkan anak didik dapat berkembang seoptimal mungkin sehingga mutu pendidikan di TK meningkat. Dalam pelaksanaanya guru dapat mengembangkan penilaian sesuai dengan kemampuan, kebutuhan dan kondisi daerah masing-masing.

B.     Saran       
Dalam akhir pembuatan makalah ini penyususn akan memberikan sumbang saran bagi para guru terutama guru taman kanak-kanak antaranya:
˜  Saat mengevaluasi program pembelajaran, guru perlu mengamati cara anak merespons proses dan sumber belajarnya.


DAFTAR PUSTAKA



Iksan waseso, dkk.2007. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pusat Kurikulum DEPDIKNS. Standar Isi FTSP. Jakarta


Contoh Format Hasil Karya

FORMAT HASIL KARYA
Nama  : Nazma                                                                                  Kelompok: B
No
Hari/Tanggal
Kegiatan
Pembelajaran
Aspek yang
Dinilai
Hasil

1

Senin
1 April 08

-    Mencocok gambar gunung


-    Kerapihan dalam mencocok gambar gunung














-    Kerapihan dalam mencocok gunung sudah baik

                                                                             Tasikmalaya,…………….
                       Mengetahui                                            Guru Kelompok B
              Kepala TK AISYAH I



            ____________________                                      Sani Sumarni        



Contoh Format Percakapan

FORMAT PERCAKAPAN
Nama  : Nazma                                                                      Kelompok: B
No
Hari/
Tanggal
Kegiatan
Pembelajaran
Aspek yang
Ditanyakan
Hasil
Percakapan

1

Senin
1 April 08

-    Mendengarkan cerita tentang alam sekitar


-    Keaktifan





-    Sikap ketika mendengarkan














-    Sikap ketika mendengarkan kurang baik sehingga ketika diberi pertanyaan kurang aktif.

                                                                               Tasikmalaya, ………….
                       Mengetahui                                            Guru Kelompok B
               Kepala TK…………



            ____________________                                      Sani Sumarni        


Contoh Format Observasi

FORMAT OBSERVASI
Nama  : Nazma                                                                                  Kelompok: B
No
Hari/
Tanggal
Kegiatan
Pembelajaran
Aspek yang
Diamati
Hasil
Pengamatan

1

Senin
1April 08

-    Berdoa sebelum dan sesudah belajar
-    Bermain bebas



-    Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan



-    Sikap berdoa hafalan

-    Mau bermain bersama teman


-    Cara mencuci tangan


-    Penggunaan air, lap







-    Sikap berdoa sudah  dan sebelum baik dan sudah dihafal
-    Dalam bermain bersama senang bermain dengan teman-temannya
-    Cara mencuci tangan dan penggunaan lap sudah baik
-    Sudah baik

                                                                              Tasikmalaya, …………..
                       Mengetahui                                            Guru Kelompok B
                 Kepala TK Aisyah



            ____________________                                      Sani Sumarni

Contoh Format Unjuk Kerja

FORMAT UNJUK KERJA
Nama  : Nazma                                                                                  Kelompok: B
No
Hari/Tanggal
Kegiatan
Pembelajaran
Aspek yang
Dinilai
Hasil

1

Senin
1 April 08

-    Berjalan digaris lurus



-    Keseimbangan dalam berjalan digaris














-    Dalam berjalan digaris lurus sudah baik.


                                                                              Tasikmalaya, …………..
                       Mengetahui                                            Guru Kelompok B
                 Kepala TK Aisyah



            ____________________                                     Sani Sumarni


Contoh Format Penugasan

FORMAT PENUGASAN
Nama  : Nazma                                                                      Kelompok: B
No
Hari/Tanggal
Kegiatan
Pembelajaran
Jenis Penugasan
Hasil

1

Senin
1 April 08

-    Meniru tulisan “Gunung”




-    Menghubungkan angka dengan gambar


-    Kerapihan
-    Kemampuan memegang pensil
-    Ketepatan











-    Dalam meniru tulisan gunung kurang rapi dan memegang pensil belum benar
-    Menghubungkan angka dengan gambar cukup mampu



                                                                             Tasikmalaya, ……………
                       Mengetahui                                            Guru Kelompok B
                 Kepala TK Aisyah



            ____________________                                    Sani Sumarni



https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1876933177057504259#editor/target=post;postID=5371994158039169114
close

DMC